✕ Close

7 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam di Wajah dengan Cepat

adsense-fallback

Cara menghilangkan bekas jerawat memang bukan hal yang mudah. Anda perlu memperhatikan tips-tips yang tepat agar bekas jerawat dan flek hitam di wajah dapat dihilangkan dengan cepat.

Jerawat itu memang mahluk yang sangat menyebalkan, kehadirannya bikin kita galau, dan kepergiannya menyisakan noda yang mengganggu penampilan. Apalagi jika Anda menanganinya dengan cara yang salah, seperti memencet jerawat, lalu menjadi luka dan meninggalkan flek hitam di wajah.

Perbedaan Flek Hitam Bekas Jerawat dan Bekas Luka

adsense-fallback

Penanganan yang salah terhadap jerawat dapat meninggalkan noda di wajah. Namun, Anda juga jangan sampai keliru karena noda bekas jerawat berbeda dengan noda bekas luka akibat jerawat.

Peradangan yang timbul akibat jerawat biasanya meninggalkan noda merah kecokelatan. Sedangkan bila Anda memencet jerawat sehingga kulit jadi luka, biasanya noda akan berwarna hitam dan kusam.

Oleh karena itu, hindari memencet jerawat karena dapat membuat kulit luka dan meninggalkan flek hitam yang lebih sulit untuk dihilangkan.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam

Tapi Anda tidak perlu khawatir karena kami akan berbagi cara menghilangkan bekas jerawat yang ampuh sehingga wajah Anda kembali tampak bersih, cerah, dan berseri.

1. Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Perasan Lemon

Tahukah Anda kalau perasan lemon memiliki khasiat yang efektif dalam menghilangkan bekas jerawat secara alami? Kalau belum tahu, sayang sekali karena ternyata sudah banyak orang yang membuktikannya.

Buah lemon kaya akan kandungan vitamin C dan asam sitrat yang dapat berguna sebagai pembersih wajah dari bahan alami. Bekas jerawat di wajah Anda dapat dibasmi dengan menggunakan perasan lemon secara rutin.

Tetapi bagi Anda yang memiliki jenis kulit sensitif, perasan lemon saja tidaklah cukup. Harus dipadukan dengan madu hitam.

Perasan lemon dicampurkan dengan madu hitam lalu oleskan pada wajah. Biarkan untuk beberapa saat, kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan cara ini sebanyak dua kali sehari dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Setiap orang memiliki kulit wajah sensitif yang berbeda-beda. Ada baiknya Anda konsultasi dengan dokter atau ahli kecantikan terlebih dahulu untuk mengetahui tipe kulit sensitif yang Anda miliki sebelum menerapkan cara menghilangkan bekas jerawat menggunakan perasan lemon.

Baca juga artikel lainnya:

2. Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Baking Soda

Cara berikutnya adalah menggunakan baking soda. Mungkin jarang dari Anda yang tahu kalau bahan pengembang kue yang satu ini juga bisa bermanfaat sebagai perawatan kecantikan bukan?

Cara membuatnya juga tidak sulit, ikuti langkah di bawah ini!

  • Campurkan bubuk baking soda, madu, dan jeruk nipis. Aduk hingga rata.
  • Oleskan pada seluruh permukaan wajah, lalu biarkan selama kurang lebih 15-20 menit.
  • Bilas dengan air hangat.

Perawatan ini sebaiknya cukup dilakukan 3 kali seminggu untuk hasil yang optimal. Perlu Anda ketahui juga baking soda yang digunakan adalah tipe food grade, bukan jenis baking soda yang banyak dijual di pasaran atau mini market.

Jenis baking soda ini masih alami, biasanya dijual terpisah dalam bentuk kiloan atau kemasan karung. Jadi, jangan salah ya dalam memilih baking soda untuk menghilangkan bekas jerawat!

3. Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Minyak Ikan

Selama ini kita tahu kalau minyak ikan memang lebih populer dengan manfaatnya untuk mencerdaskan otak anak dan menurunkan kolesterol. Namun di balik itu, minyak ikan juga memiliki manfaat yang ampuh untuk menghilangkan flek hitam atau noda di wajah akibat bekas jerawat.

Hal ini dikarenakan minyak ikan memiliki kandungan vitamin E dan Omega-3 yang cukup tinggi. Tidak hanya dapat mengatasi noda bekas jerawat, minyak ikan juga berguna untuk mengatasi berbagai macam gangguan pada kulit wajah.

Untuk mendapatkan khasiat tersebut, caranya cukup mudah. Anda cukup mengoleskan minyak ikan sebelum tidur. Atau bisa juga dikonsumsi secara langsung sebelum sarapan, makan siang, ataupun makan malam.

Namun demikian, perlu Anda ketahui bahwa tidak semua orang cocok menggunakan cara ini. Terutama bagi Anda yang memiliki alergi terhadap bahan makanan ikan laut.

Anda perlu mengetahui secara pasti apakah memiliki alergi terhadap makanan ikan laut atau tidak. Soalnya, bila tidak hati-hati reaksi alergi yang ditimbulkan justru akan memperparah noda bekas jerawat di wajah Anda.

4. Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bawang Bombay

Bawang bombay merupakan satu dari banyak jenis sayuran yang memiliki kandungan vitamin yang cukup lengkap. Mulai dari vitamin A hingga vitamin E bisa Anda temukan pada bahan makanan ini.

Kandungan vitamin itulah yang membuatnya dapat berkhasiat untuk mengatasi noda bekas jerawat pada kulit wajah.

Namun, bawang bombay bersifat pedas. Jadi, biar tetap aman digunakan pada wajah, Anda harus menghaluskannya terlebih dahulu, dan mengoleskannya pada bagian kulit yang bermasalah saja. Tidak perlu dioleskan secara merata ke seluruh kulit wajah karena dapat berbahaya untuk mata.

5. Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Lidah Buaya (Aloevera)

Lidah buaya, tidak hanya bagus untuk merawat kesehatan rambut tapi juga bermanfaat untuk menghilangkan noda bekas jerawat di wajah. Selain itu, bahan alami yang banyak terdapat di sekitar kita ini juga berkhasiat lho untuk membuat kulit tampak bersih, lembab, dan tetap awet muda.

Lidah buaya juga aman untuk digunakan pada semua jenis kulit. Cara mengolahnya juga cukup mudah, ikuti langkah-langkahnya berikut ini!

  • Siapkan lidah buaya secukupnya lalu cuci sampai bersih.
  • Kupas kulitnya dan ambil hanya bagian dagingnya saja yang berbentuk gel.
  • Sebelum mengoleskannya pada seluruh bagian wajah, pastikan Anda sudah membersihkan wajah dengan facial foam.
  • Oleskan pada wajah sambil beri pijatan secara perlahan dan lembut selama 5 menit.
  • Biarkan selama beberapa menit sampai mengering, kemudian cuci wajah Anda dengan air hangat.

Untuk hasil yang lebih maksimal, lakukan secara rutin sebanyak 2 kali sehari atau beberapa kali dalam seminggu. Noda bekas jerawat di wajah akan hilang dengan cepat dan wajah akan tampak lebih cerah berseri.

Oya, hal yang perlu diperhatikan adalah lidah buaya harus dikupas dengan benar. Jangan sampai ada kulit lidah buaya yang masih tersisa karena getahnya bisa membuat wajah agak gatal.

6. Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Sari Cuka Apel

Tidak sulit untuk mendapatkan sari cuka apel. Sekarang sudah banyak dijual di supermarket. Kandungan asam hidroksi pada sari cuka apel ternyata cukup ampuh untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Pastikan wajah Anda benar-benar bersih dan kering sebelum mengaplikasikannya ke kulit wajah. Oleskan sari cuka apel menggunakan kapas ke seluruh bagian wajah, tunggu beberapa saat. Kemudian bilas wajah Anda dengan air dingin.

7. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Cara yang terakhir ini lebih berupa tips agar upaya Anda menghilangkan bekas jerawat bisa berhasil dengan baik. Tipsnya adalah sebisa mungkin hindari paparan sinar matahari langsung selama Anda menerapkan cara menghilangkan jerawat yang telah kami sebutkan di atas.

Paparan sinar matahari akan membuat produksi melanin pada kulit jadi berkurang. Hal ini dapat mengakibatkan kulit Anda mudah rusak. Terlebih lagi jika Anda dalam masa perawatan kulit untuk menghilangkan bekas jerawat.

Tentunya keenam cara yang telah kami jelaskan di atas tidak akan berjalan efektif bila kulit Anda sering terpapar sinar matahari langsung.

***

Demikian tips dari kami tentang 7 cara menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam di wajah dengan cepat. Sejumlah cara yang kami sebutkan di atas sebagian besar menggunakan bahan alami.

Akan tetapi, meski berbahan alami Anda juga perlu memperhatikan karakter kulit Anda. Terutama jika Anda memiliki tipe kulit sensitif, ada baiknya konsultasikan dulu dengan dokter atau ahli kecantikan agar tidak terjadi masalah kesehatan di kemudian hari. Selamat mencoba!

adsense-fallback