✕ Close

10 Cara Menghilangkan Jerawat yang Aman dan Hemat Biaya

adsense-fallback

Anda mempunyai masalah dengan wajah berjerawat? Ingin tahu cara menghilangkan jerawat secara cepat tapi kulit tetap sehat? Anda sedang membaca informasi yang tepat.

Cara paling aman untuk mengatasi masalah jerawat di wajah adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Cara alami ini juga semakin mudah dan murah karena bahan-bahan yang diperlukan tersebut ada di sekitar kita.

Perlu Anda ketahui, jerawat bukanlah termasuk penyakit kulit berbahaya. Namun bila tidak diatasi, tentu akan mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri.

adsense-fallback

Anda juga tidak boleh sembarangan dalam mengatasi jerawat. Sebab, jerawat ini termasuk penyakit kulit yang membandel. Gampang sekali menyebar, hilang satu bisa tumbuh seribu.

Penyebabnya seringkali karena tangan yang kotor lalu digunakan untuk menyentuh muka sehingga jerawat yang ada malah makin tumbuh subur di wajah.

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Masker Berbahan Alami

Sebisa mungkin, Anda harus menghindari penggunaan produk kimia ketika berusaha menghilangkan jerawat. Selain karena harganya yang cukup menguras kantong, hasilnya pun belum tentu efektif.

Bahkan, bahan-bahan kimia yang terkandung dalam obat jerawat tersebut bisa saja menimbulkan efek samping dalam pemakaian jangka panjang.

Salah satu cara yang cukup efektif dan sudah banyak dibuktikan orang adalah dengan menggunakan masker yang terbuat dari bahan-bahan alami.

Apa saja bahan-bahan alami yang bisa digunakan sebagai masker penghilang jerawat? Berikut kami jelaskan satu-persatu!

1. Masker Lidah Buaya Penghilang Jerawat

Cara menghilangkan jerawat yang pertama adalah dengan menggunakan masker lidah buaya. Tanaman ini memiliki kandungan polifenol, yaitu senyawa aktif yang dapat berguna sebagai anti-bakteri.

Senyawa yang terkandung dalam lidah buaya tersebut dapat membantu untuk menghilangkan jerawat. Cara membuat masker dari lidah buaya ini cukup mudah. Ambil dagingnya, lalu haluskan dengan sendok sampai berbentuk seperti gel.

Oleskan pada wajah, dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Lalu bilas menggunakan air hangat. Cara menghilangkan jerawat dengan masker lidah buaya cukup ampuh apabila Anda melakukannya secara rutin.

2. Masker Mentimun Penghilang Jerawat

Buah mentimun memiliki kandungan vitamin A, B, dan C yang sangat baik untuk menghilangkan jerawat. Selain itu, mentimun juga mengandung banyak mineral yang baik untuk kesehatan kulit.

Sifatnya yang diuretik dan memberi efek mendinginkan dapat menjadi bahan alami yang cocok untuk membersihkan wajah.

Caranya enggak sulit kok, iris tipis-tipis mentimun lalu letakkan pada wajah. Atau bisa Anda buat menjadi jus, dan oleskan di wajah. Diamkan sekitar 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

3. Masker Kulit Jeruk Penghilang Jerawat

Cara menghilangkan jerawat berikutnya adalah menggunakan kulit jeruk. Selain buahnya, kulit jeruk juga memiliki manfaat yang besar. Di dalam kulit jeruk terkandung vitamin A dan C, flavonoid, dan antioksidan yang tinggi.

Kulit jeruk juga bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori, serta menghilangkan sel-sel kulit mati sehingga kulit menjadi segar dan anti kusam.

Anda dapat memanfaatkan kulit jeruk sebagai masker alami penghilang jerawat. Caranya ialah dengan menjemur kulit jeruk di bawah sinar matahari sampai mengering. Lalu tumbuk halus dan campurkan dengan air secukupnya.

Oleskan ramuan kulit jeruk tersebut pada wajah, biarkan selama kurang lebih 15 menit kemudian bilas menggunakan air hangat.

4. Menghilangkan Jerawat dengan Masker Putih Telur

Enzim lysozim yang terkandung dalam putih telur dapat menghancurkan dinding sel bakteri pemicu jerawat. Enzim ini juga berguna mengecilkan pori-pori kulit dan mengurangi minyak berlebih pada wajah.

Meskipun baunya sedikit amis, putih telur bisa kita jadikan masker alami untuk mengatasi jerawat. Caranya, ambil satu butir telur dan pisahkan putihnya saja. Anda bisa mencampurnya dengan perasan jeruk nipis atau lemon untuk menghilangkan bau amisnya.

Kocok putih telur sampai mengembang, kemudian campurkan dengan 1 sdm perasan jeruk nipis. Oleskan pada wajah sebagai masker hingga merata. Biarkan sekitar 15 menit lalu bilas menggunakan air hangat.

Baca juga artikel lainnya:

5. Cara Menghilangkan Jerawat dengan Masker Tomat

Vitamin A dan C yang banyak terkandung pada tomat sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat membandel. Sama seperti mentimun, Anda dapat menggunakan irisan tomat atau menghaluskannya dengan blender untuk dijadikan sebagai masker wajah.

Oleskan tomat yang sudah diblender pada wajah, biarkan sekitar 15 menit kemudian bilas menggunakan air hangat.

6. Masker Alami Menggunakan Soda Kue

Bagi Anda yang biasa membuat kue, pasti tahu baking soda atau soda kue. Bahan yang biasa digunakan sebagai pengembang kue ini ternyata juga bermanfaat untuk mengatasi masalah jerawat.

Cara menghilangkan jerawat menggunakan soda kue adalah dengan menjadikannya sebagai masker. Bukan hanya jerawat biasa, tapi juga jerawat batu.

Soda kue berguna untuk menyeimbangkan pH kulit, antiseptik, dan anti-inflamasi sehingga jerawat membandel pada wajah dapat dengan cepat teratasi.

Caranya, campurkan 2 sdm soda kue dengan air sampai mengental. Sebelum digunakan sebagai masker, bersihkan dulu wajah Anda. Kemudian oleskan larutan soda kue tadi ke wajah secara merata.

Biarkan hingga 15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Sesudah memakai masker soda kue, disarankan untuk memakai pelembab karena wajah akan menjadi kering setelahnya.

7. Membersihkan Jerawat dengan Masker Alpukat dan Madu

Cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami berikutnya adalah menggunakan alpukat dan madu. Vitamin E yang banyak terkandung di dalam alpukat dapat menembus pori-pori kulit dan meredakan peradangan kulit. Sementara madu mengandung senyawa yang bersifat anti-bakteri.

Kedua bahan tersebut apabila dikombinasikan dengan tepat dapat menjadi obat ampuh untuk menghilangkan jerawat.

Siapkan setengah bagian alpukat, lalu tumbuk atau blender sampai halus. Tambahkan 1 sdm madu, aduk sampai rata. Oleskan ramuan tersebut pada wajah yang telah dibersihkan. Biarkan sekitar 15 menit, bilas dengan air hangat.

8. Basmi Jerawat dengan Masker Pisang dan Kunyit

Di dalam buah pisang terkandung antioksidan, potasium, dan vitamin E yang dapat melembabkan wajah dan menjaganya tetap cerah. Selain itu, pisang juga mengandung lektin yang berguna untuk melawan bakteri penyebab jerawat.

Sementara bila dikombinasikan dengan kunyit yang mengandung kurkuminoid, khasiat kedua bahan ini dapat menjadi obat ampuh mengatasi jerawat.

9. Mengatasi Jerawat dengan Masker Pepaya

Buah pepaya ternyata tidak hanya berguna untuk melancarkan pencernaan. Tapi juga dapat diaplikasikan pada wajah sebagai cara menghilangkan jerawat yang efektif.

Kandungan enzim papain dalam pepaya berguna untuk mengikis sel kulit mati. Selain itu, pepaya juga mengandung antioksidan yang dapat mencerahkan kulit kusam.

Pepaya bisa kita manfaatkan sebagai masker wajah untuk mengatasi kulit kemerahan akibat jerawat, serta mengurangi peradangan kulit pada bagian yang berjerawat.

10. Tidak Hanya Buahnya Saja, Tapi Daun Pepaya juga Dapat Menghilangkan Jerawat

Tanaman pepaya memang memiliki banyak manfaat. Selain buahnya, daun pepaya juga dapat kita manfaatkan sebagai cara menghilangkan jerawat.

Caranya cukup mudah, sediakan 4 lembar daun pepaya yang sudah dikeringkan di bawah sinar matahari. Tumbuk daun pepaya yang sudah kering itu sampai halus, lalu campurkan dengan air hingga menjadi pasta.

Oleskan secara merata pada wajah, lalu biarkan selama kurang lebih 30 menit. Bilas menggunakan air hangat.

Cara Menghilangkan Jerawat Memakai Uap Air

Selain menggunakan masker dari bahan alami, cara menghilangkan jerawat juga bisa dilakukan menggunakan uap air. Pori-pori kulit akan terbuka lebih lebar apabila terkena uap sehingga kotoran penyebab jerawat yang menyumbat dapat keluar dari pori-pori.

Caranya cukup mudah, Anda cukup memanaskan air hingga mendidih lalu tempatkan pada baskom. Dekatkan wajah Anda pada baskom sehingga uap akan mengenai wajah. Lakukan cara ini sekitar 5 menit. Setelahnya Anda bisa bersihkan wajah dan menggunakan pelembab biar kulit tidak kering.

***
Bagaimana dengan cara menghilangkan jerawat di atas? Tentunya Anda bisa memilih cara yang paling mudah dan paling Anda suka. Lakukan secara rutin, karena tips di atas tidak akan berjalan efektif apabila Anda hanya melakukan sekali atau dua kali saja.

Selamat mencoba!

adsense-fallback