✕ Close

10 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan, Serta Efek Sampingnya

adsense-fallback

Selama ini, manfaat bawang putih lebih dikenal sebagai bahan bumbu penyedap aroma masakan. Namun, di balik itu tidak banyak orang yang tahu kalau ternyata bahan bumbu yang satu ini ampuh juga untuk menangkal beragam jenis penyakit.

Meski cara makan bawang putih untuk kesehatan belum begitu lazim, beberapa ahli kesehatan menganjurkan untuk makan bawang putih dalam kondisi masih mentah tanpa perlu dimasak terlebih dahulu.

Proses memasak bawang putih justru dapat menghilangkan berbagai nutrisi dan kandungan penting yang terdapat di dalamnya. Beragam manfaat kesehatan bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi bawang putih mentah paling tidak dua kali seminggu secara rutin.

adsense-fallback

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Beberapa dari Anda mungkin kurang suka dengan bawang putih, semoga dengan mengetahui berbagai manfaat bawang putih untuk kesehatan berikut ini dapat membuat Anda tidak ragu lagi untuk mengonsumsinya.

1. Membantu Detoksifikasi Tubuh dan Membersihkan Darah

Mengonsumsi dua siung bawang putih yang dicampur air hangat saat pagi hari secara rutin sangat baik untuk membantu tubuh dalam proses detoksifikasi atau pengeluaran racun. Dengan demikian, tubuh Anda akan terhindar dari beragam jenis penyakit.

2. Mengobati Demam dan Flu

Manfaat bawang putih berikutnya adalah dapat menjadi obat untuk demam dan sakit flu. Caranya mudah, sediakan 2-3 siung bawang putih mentah, lalu dimasak seperti teh dan hirup uapnya. Supaya aroma lebih nyaman, Anda dapat mencampurkannya dengan madu dan jahe.

Cara ini telah dibuktikan oleh banyak orang dan sangat ampuh untuk mengatasi hidung tersumbat, dan sakit flu yang Anda alami juga akan sembuh secara berangsur.

Senyawa aktif allicin yang terdapat pada bawang putih mentah dapat mengobati berbagai penyakit yang cukup umum, seperti radang tenggorokan hingga infeksi bakteri, virus maupun jamur.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Jurnal Advances in Therapy mengungkapkan adanya peningkatan daya tahan tubuh bagi seseorang yang memakan bawang putih mentah.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol dan Mencegah Penyakit Jantung

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Postgraduate Medicine menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi sedikitnya 10 gram bawang putih mentah setiap hari selama dua bulan dapat membantu penurunan kadar kolesterol yang cukup signifikan.

Sementara itu dari hasil penelitian lain yang dilakukan para pakar di Rafsanjan University of Medical Sciences juga mengungkapkan hal yang sama. Penurunan kadar kolesterol jahat dalam tubuh juga memiliki peran yang dalam mengurangi risiko penyakit jantung.

Seperti yang diterbitkan oleh The Journal of Nutrition, bawang putih mentah dapat mengurangi penumpukan plak pada arteri koroner, pembuluh darah yang memompa darah ke jantung. Lancarnya peredaran darah pada arteri koroner selain dapat melancarkan kinerja jantung juga meningkatkan sistem metabolisme.

4. Menurunkan Kadar Gula Darah

Kandungan Allicin pada bawang putih mentah juga sangat baik untuk mengontrol tekanan darah dan kadar gula darah sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi maupun diabetes.

5. Antibakteri dan Antiparasit

Sejak ribuan tahun lalu, para ahli kesehatan tradisional telah menggunakan bawang putih untuk berbagai macam pengobatan. Termasuk sebagai antibiotik dalam melawan bakteri, jamur, dan infeksi parasit. Meski bisa bikin mulut bau, manfaat bawang putih juga digunakan sebagai pencegah bakteri penyebab karang gigi. Selain itu, ekstrak bawang putih dapat membantu cegah infeksi cacing pita pada anak-anak.

6. Mengurangi Risiko Terkena Kanker

Sudah dibuktikan oleh beberapa studi bahwa mengonsumsi bawang putih setiap hari secara rutin memiliki keterkaitan terhadap pencegahan kanker perut dan kolorektal. Bawang putih juga diyakini memiliki kemampuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap sel-sel kanker.

Senyawa sulfur bioaktif yang terkandung pada bawang putih mentah telah diteliti oleh National Cancer Institute, Amerika Serikat di mana senyawa ini dapat mencegah pembentukan sel-sel kanker dalam tubuh. Pasalnya, sulfur bioaktif berguna untuk memperbaiki atau membunuh sel tubuh yang rusak, menghambat penyebaran sel yang tidak sehat, dan melindungi tubuh dari zat karsinogen.

Banyak penelitian dilakukan di seluruh dunia yang sudah membuktikan akan manfaat makan bawang putih mentah terhadap pencegahan risiko berbagai jenis sel kanker seperti kanker payudara, kanker paru, dan kanker pankreas.

7. Mencegah Hipertensi

Manfaat bawang putih dalam mencegah hipertensi dikarenakan adanya kandungan polisulfida yang terbukti mampu mengendalikan tekanan darah.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan pada jurnal ilmiah Maturitas, polisulfida akan membuka pembuluh darah yang menyempit sehingga tidak mendapat tekanan darah yang terlalu tinggi.

Studi lainnya mengemukakan bahwa memakan bawang putih mentah selama tiga bulan ternyata dapat menurunkan tekanan darah sampai 10 mmHg.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Kita juga dapat merasakan khasiat bawang putih untuk kecantikan karena mampu melindungi kulit dari efek radikal bebas, mempertahankan elastisitas kulit, memperlambat penipisan kolagen, dan mencegah tanda-tanda penuaan dini.

Baca juga artikel lainnya:

9. Mencegah Kerontonkan Rambut

Bawang putih juga bermanfaat untuk rambut. Minyak atau ekstrak bawang putih yang kita oleskan sekaligus dipijatkan pada kulit kepala dapat mencegah terjadinya kerontokan. Khasiat ini juga bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi bawang putih mentah. Kandungan senyawa di dalamnya dapat memperkuat dan mendorong pertumbuhan rambut di kulit kepala.

10. Menjaga Otak Tetap Sehat

Makan bawang putih mentah juga dapat memberikan manfaat dalam pencegahan terhadap berbagai penyakit otak seperti Alzheimer dan dementia. Hal ini berkat senyawa S-allyl-L-cysteine (SAC) yang terkandung di dalamnya.

Manfaat bawang putih ini sudah dibuktikan dalam sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan pada Journal of Neurochemistry. Senyawa SAC dan antioksidan yang terkandung di dalam bawang putih mampu menjaga otak tetap sehat dan melindunginya dari berbagai risiko kerusakan kognitif.

Dua unsur kimia tersebut berperan penting dalam mencegah terjadinya penumpukan plak atau senyawa berbahaya pada sistem saraf pusat.

Efek Samping Mengonsumsi Bawang Putih

Jika kita sudah mengetahui berbagai manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari mengonsumsi bawang putih, alangkah lebih baik pula jika kita mengetahui apa saja efek samping yang ditimbulkannya.

Konsumsi bawang putih memang tidak boleh dilakukan sembarangan. Karena ternyata ada beberapa efek samping bawang putih yang perlu kita waspadai, antara lain:

1. Menyebabkan Ruam Kulit

Efek samping bawang putih yang pertama adalah dapat menyebabkan iritasi kulit dan ruam. Terutama bila Anda mengonsumsinya secara berlebihan. Kandungan enzim alliinase pada bawang putih menjadi penyebabnya. Oleh karena itu, Anda pun disarankan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan karena dapat menyebabkan ruam dan gatal-gatal pada kulit.

2. Memicu Sakit Kepala

Bawang putih mentah yang dimakan dalam jumlah berlebihan juga dapat memicu sakit kepala. Meski manfaat bawang putih mentah begitu banyak, namun Anda juga perlu hati-hati dan jangan mengonsumsinya dalam jumlah berlebih.

Mengonsumsi bawang putih mentah akan merangsang saraf trigeminal untuk melepaskan neuropeptida. Enzim ini akan masuk ke lapisan membran otak dan bila terlalu banyak akan memicu sakit kepala.

3. Mengakibatkan Perut Mual dan muntah

Beberapa hasil studi observasional menunjukkan bahwa mengonsumsi bawang putih mentah dalam jumlah terlalu banyak dapat mengakibatkan perut mual dan muntah. Jadi, ada baiknya Anda membatasi asupan bawang putih mentah.

4. Napas Tak Sedap

Bawang putih juga dapat mengakibatkan bau tidak sedap pada mulut. Senyawa sulfur yang terkandung dalam bawang putih akan bercampur dengan bakteri di mulut ketika dimakan sehingga dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap.

***
Demikian informasi dari kami mengenai beragam manfaat bawang putih dan juga efek sampingnya apabila dikonsumsi secara berlebih. Semoga informasi di atas bermanfaat ya sob!

adsense-fallback