✕ Close

10 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Beserta Efek Sampingnya

adsense-fallback

Tahukah Anda manfaat daun kelor? Tanaman dari suku Moringaceae ini sudah lama dijadikan sebagai bahan tambahan untuk masakan sayur-mayur. Seiring makin beragamnya jenis makanan, daun kelor mungkin sedikit terlupakan. Padahal, banyak manfaat daun kelor untuk kesehatan yang bisa kita dapatkan.

Kandungan nutrisi daun kelor diketahui memiliki potassium dalam jumlah 3 kali lebih banyak dari yang terdapat pada buah pisang. Daun kelor juga mengandung vitamin A empat kali lebih banyak dibandingkan wortel, zat besi 25 kali dari bayam, vitamin C 7 kali lebih banyak dari jeruk, kalsium 4 kali lebih banyak dari susu, serta protein 3 kali lebih banyak dari yoghurt.

adsense-fallback

Wah, banyak juga ya kandungan nutrisi yang dimiliki daun kelor? Bahkan, manfaat daun kelor sudah cukup populer hingga ke mancanegara dan banyak peneliti dalam bidang kesehatan yang telah membuktikannya. Banyak orang yang menggunakan daun kelor sebagai alternatif obat herbal yang diyakini dapat menyembuhkan beragam penyakit.

Wajar saja, vitamin C yang terkandung di dalam daun kelor memang lebih banyak dari sayur atau buah lainnya. Selain itu juga daun kelor memiliki kandungan vitamin A dan potassium yang sangat tinggi. Tidak heran jika tumbuhan ini memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan.

Bebeberapa manfaat tersebut antara lain menjaga sistem imun tubuh, sebagai obat stres, menjaga kesehatan mata dan tulang, mencegah kanker, dan masih banyak lagi. Nah, ingin tahu lebih lanjut mengenai segudang manfaat daun kelor? Simak ulasan kami selengkapnya berikut ini!

1. Membantu Jaga Imunitas Tubuh

Imunitas atau sistem kekebalan tubuh memiliki peran yang sangat penting untuk melawan infeksi virus maupun bakteri penyakit. Tubuh kita memerlukan asupan nutrisi yang baik supaya sistem kekebalan tubuh dapat berfungsi optimal.

Daun kelor mengandung vitamin A, vitamin C dan zat besi yang dapat meningkatkan produksi sel darah putih dan sel darah merah. Dengan mengonsumsi daun kelor, sistem kekebalan tubuh kita akan dapat lebih terjaga.

2. Massa Otot Lebih Terjaga

Daun kelor mengandung protein dan asam amino essensial sehingga dapat mendukung pertumbuhan dan mempertahankan massa otot. Daun kelor merupakan panganan tepat bagi seorang vegetarian karena dapat memberi pasokan protein harian meski Anda tidak mengonsumsi daging.

3. Baik untuk Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat daun kelor selanjutnya ialah berkontribusi dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan karena mengandung sumber kalsium dan serat yang diperlukan oleh tubuh. Kandungan seratnya yang tinggi juga akan membantu dalam program penurunan berat badan karena dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Selain itu juga melancarkan proses metabolisme tubuh menjadi lebih optimal.

4. Baik untuk Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A yang 4 kali lebih tinggi dibandingkan wortel, membuat daun kelor memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan mata.

5. Mengobati Diabetes

Manfaat daun kelor juga sangat baik untuk penderita diabetes. Sebuah studi ilmiah terbaru membuktikan bahwa daun kelor ternyata dapat menjadi obat herbal bagi penderita diabetes karena mampu menurunkan kadar gula darah.

Dikonfirmasi oleh penelitian yang lebih lanjut terhadap daun kelor, bahwa tanaman sayuran ini kaya akan protein nabati yang mampu mengurangi risiko diabetes tipe 2. Para ahli juga mengatakan bahwa mengganti 5 gram protein daging dengan protein nabati mampu mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebesar 18 persen.

Perlu Anda ketahui, daun kelor dalam satu cangkirnya memiliki kandungan protein yang sama dengan jumlah protein dalam 100 gram daging.

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Daun kelor mengandung kalsium lebih besar 4 kali dari susu. Ditambah dengan protein dan vitamin K yang tinggi menjadikan daun kelor sebagai sayuran yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tulang. Manfaat daun kelor tidak terbatas pada menjaga kesehatan tulang saja, tapi juga dapat mencegah osteoporosis.

7. Makanan Anti-Kanker

Polusi udara, radikal bebas, dan faktor usia menjadi salah satu penyebab risiko kanker. Daun kelor memiliki senyawa antioksidan yang berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh serta organ-organ di dalamnya.

Bahkan antioksidan dalam daun kelor lebih tinggi dari buah anggur, bawang putih, hingga teh hijau. Oleh karena itu, manfaat daun kelor juga berfungsi sebagai makanan anti-kanker yang dapat menurunkan risiko terhadap penyakit kanker.

Tidak hanya itu, berbagai senyawa antioksidan di dalamnya juga mampu mempercepat regenerasi sel dan mencegah kerusakan sel tubuh sehingga menghambat terjadinya proliferasi sel kanker.

Baca juga artikel lainnya:

8. Penambah Tenaga untuk Tubuh

Tingginya kandungan zat besi dan kalsium pada daun kelor memberikan manfaat dalam proses pembentukan energi di dalam sel. Bisa dikatakan, daun kelor merupakan bahan makanan yang dapat menjadi energy booster ketika Anda mengalami kelelahan sehabis beraktivitas.

9. Mencegah dan Meredakan Stres

Daun kelor merupakan salah satu adaptogen alami, hal ini telah telah dibuktikan dari hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Research of Pharmacology and Pharmacodynamics.

Daun kelor bermanfaat melindungi tubuh dari efek toksik yang dipicu oleh stres. Manfaat daun kelor ini telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan pengobatan Ayurveda.

Tidak hanya mampu mengurangi tingkat stres, daun kelor sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh dan kondisi kesehatan seseorang secara keseluruhan. Nah, kalau Anda ingin terbebas dari stres, dan memiliki daya tahan tubuh yang baik, cobalah mengonsumsi daun kelor setiap hari secara rutin.

10. Mempertahankan Kecantikan dan Menghambat Penuaan

Daun kelor selain bermanfaat untuk kesehatan, ternyata juga berkhasiat untuk kecantikan. Salah satunya, daun kelor berkhasiat dalam menghilangkan noda hitam di wajah.

Daun kelor mengandung vitamin C tinggi yang dapat memberikan cukup nutrisi pada kulit dan menghilangkan noda hitam di wajah. Caranya ialah dengan menghaluskan daun kelor dan menjadikannya sebagai masker wajah.

Selain itu, kandungan senyawa zeatin dalam daun kelor terbukti mampu menghambat munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Daun kelor juga mengandung beragam mineral dan asam amino yang dapat membantu peningkatan produksi kolagen dan keratin sehingga dapat menjaga kesehatan seluruh jaringan kulit.

Untuk mendapatkan khasiat tersebut, pastikan Anda menggunakan masker daun kelor setidaknya 1-3 kali dalam seminggu agar hasilnya bisa didapat dengan maksimal.

***
Itulah 10 manfaat daun kelor untuk kesehatan yang bisa Anda peroleh. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat lainnya dari mengonsumsi daun kelor, beberapa di antaranya yaitu:

  • Sebagai makanan anti-inflamasi dan antibakteri
  • Menjaga kesehatan liver (hati)
  • Membantu pemulihan penyakit neurodegeneratif
  • Meningkatkan fertilitas
  • Menurunkan risiko tekanan darah tinggi
  • Menjaga kesehatan jantung dan ginjal
  • Obat herbal untuk penyakit asma

Pada dasarnya beragam manfaat daun kelor tersebut bisa kita dapatkan dengan mengonsumsinya secara langsung, baik dimakan mentah atapun diolah menjadi sayuran matang. Namun, Anda juga bisa mengolahnya dalam bentuk lain seperti dijadikan teh atau sebagai masker wajah untuk kecantikan.

Efek Samping Makan Daun Kelor

Pada dasarnya, daun kelor sangat aman bila dikonsumsi dengan cara yang tepat. Akan tetapi, perlu Anda perhatikan juga untuk tidak mengonsumsi akar maupun batangnya karena diduga mengandung zat beracun yang bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Di beberapa negara daun kelor sering digunakan untuk meningkatkan produksi ASI bagi ibu menyusui. Akan tetapi perlu juga berhati-hati karena belum ada cukup bukti akan keamanannya untuk bayi.

Oleh karena itu, ada baiknya ibu hamil dan menyusui sebaiknya menghindari konsumsi daun kelor. Atau cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu mengenai keamanannya terhadap ibu dan janin yang dikandungnya.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda!

adsense-fallback