✕ Close

10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya

adsense-fallback

Daun salam menjadi salah satu rempah yang cukup sering digunakan dalam beragam masakan. Tahukah Anda? Kalau ternyata kandungan ekstrak etanol yang terdapat di dalamnya membuat manfaat daun salam dapat bersifat sebagai anti bakteri, anti jamur, dan anti cacing.

Selain itu, daun salam juga mengandung berbagai senyawa lainnya seperti minyak atsiri, tannin, dan flavonoid yang memberi khasiat luar biasa bagi tubuh.

adsense-fallback

Tanaman bernama latin Syzygium polyanthum ini memang memiliki banyak manfaat. Tidak hanya sebagai pengharum aroma masakan, manfaat daun salam juga bisa digunakan untuk pengobatan dan kecantikan.

Nah, mau tahu apa saja manfaat yang bisa kita peroleh dari ramuan herbal daun salam? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

1. Meredakan Flu dan Batuk

Manfaat daun salam untuk meredakan flu dan batuk bisa diperoleh dengan meminum air rebusannya. Cara membuat ramuannya cukup mudah, sediakan 10-15 lembar daun salam, lalu rebus bersama 2 gelas air.

Tambahkan jahe berukuran sekitar 5-10 cm yang sudah dicuci bersih dan digeprek. Rebus hingga mendidih dan air rebusan tersisa sekitar 1 gelas. Saring ampasnya, biarkan agak hangat baru diminum.

Anda juga bisa menambahkan sedikit madu sebagai perasa agar lebih nikmat. Minum air rebusan daun salam 2 kali sehari hingga flu dan batuk Anda mereda. Jangan lupa konsultasikan dahulu dengan dokter apabila digunakan bersamaan dengan resep obat atau obat yang dibeli di warung.

2. Menyembuhkan Sakit Maag

Pola makan yang tidak teratur seringkali menjadi penyebab sakit maag. Sekarang Anda tidak perlu bingung mencari obat apabila maag sedang kambuh. Karena manfaat daun salam juga bisa digunakan untuk mengatasi sakit maag.

Caranya, rebus 15-20 lembar daun salam bersama dengan 500 mililiter air selama kurang lebih 15 menit dengan kondisi api kecil.

Tambahkan madu atau gula aren secukupnya agar lebih nikmat. Diamkan hingga agak hangat, lalu minum 2 sampai 3 kali setiap hari hingga sakit maag Anda hilang.

3. Mengatasi Asam Urat

Secara umum, asam urat disebabkan karena berlebihnya kadar protein dalam tubuh. Oleh karena itu, asupan makanan menjadi hal penting yang harus dijaga oleh penderita asam urat.

Hindarilah mengonsumsi makanan dengan kadar purin yang tinggi seperti jeroan, daging merah, ataupun berbagai hidangan laut.

Daun salam bisa dimanfaatkan sebagai bahan herbal untuk mengobati asam urat. Caranya antara lain sebagai berikut:

  • Sediakan 10 lembar daun salam yang sudah dicuci bersih.
  • Jemur di bawah sinar matahari langsung.
  • Rebus sekitar 10 gelas air ke dalam panci.
  • Masukkan daun salam kering yang sudah dijemur tadi.
  • Rebus hingga air mendidih dan tersisa sekitar 7 gelas.
  • Matikan api, diamkan supaya agak dingin.
  • Saring ampasnya, minum 1-2 gelas setiap hari.
  • Sisa ramuan bisa disimpan dalam kulkas hingga 2 atau 3 hari.
  • Jangan lupa untuk menghangatkannya dulu saat Anda ingin meminumnya.

4. Manfaat Daun Salam Untuk Obat Diare

Diare dapat disebabkan karena berbagai hal mulai dari terinfeksi bakteri, masalah psikologis, alergi makanan, hingga efek samping mengonsumsi obat.

Daun salam dapat dijadikan ramuan herbal yang ampuh untuk mengobati diare. Caranya bisa Anda ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Sediakan 15 lembar daun salam.
  • Rebus dalam 2 gelas air dengan api kecil dan air tersisa sekitar 1 gelas.
  • Saring ramuan dan tambahkan sedikit garam.
  • Tunggu hingga air agak hangat, minum ramuan sampai habis.
  • Lakukan 2-3 kali sehari hingga diare Anda sembuh.
  • Untuk mencegah dehidrasi, disarankan untuk minum air putih yang banyak.

5. Mengurangi Kadar Kolesterol

Seperti kita ketahui, tingginya kadar kolesterol dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan, mulai dari gangguan pada sirkulasi darah, stroke, hingga penyakit jantung.

Untuk menurunkan kadar kolesterol dan membuatnya tetap normal, Anda bisa memanfaatkan daun salam sebagai obat herbal. Nah, inilah manfaat daun salam yang berikutnya yaitu menurunkan kadar kolesterol.

Caranya ialah dengan meminum air rebusan daun salam. Untuk lebih jelasnya lagi, Anda bisa ikuti cara pengolahan daun salam untuk mengurangi kadar kolesterol berikut ini:

  • Siapkan 10-15 lembar daun salam segar, cuci hingga bersih.
  • Rebus daun salam bersama dengan 3 gelas air bersih.
  • Kira-kira air di dalam wadah tersisa 1 gelas, matikan kompor.
  • Biarkan air rebusan agak menghangat, lalu minum ramuan sampai habis.
  • Terapkan secara rutin setiap malam sebelum tidur hingga kadar kolesterol Anda kembali normal.

6. Menjaga Gula Darah Tetap Stabil

Penderita diabetes melitus harus dapat menjaga kadar gula darahnya tetap stabil guna mencegah risiko terjadinya berbagai komplikasi.

Air rebusan daun salam bisa menjadi alternatif konsumsi yang baik bagi penderita diabetes di samping menjaga pola makan, pola hidup sehat dan konsumsi obat-obatan.

Baca juga artikel lainnya:

7. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Minuman beralkohol, kebiasaan merokok, terlalu banyak mengonsumsi garam, dan menjaga pola makan merupakan hal-hal yang harus dihindari oleh penderita hipertensi.

Daun salam dapat menjadi alternatif pengobatan herbal yang ampuh bagi penderita tekanan darah tinggi. Caranya ialah dengan merebus 7-10 lembar daun salam segar ke dalam 3 gelas air.

Rebus ramuan hingga tersisa sekitar 1 gelas air. Biarkan hingga agak hangat, kemudian minum setengah gelas air rebusan daun salam setiap pagi dan sore secara rutin untuk menjaga tekanan darah Anda tetap stabil.

8. Menurunkan Risiko Kanker

Sampai saat ini, kanker memang belum ditemukan penyebabnya secara pasti. Pola hidup sehat dan menjaga asupan makanan menjadi langkah pencegahan yang bisa kita lakukan.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi ramuan herbal daun salam agar dapat terhindar dari risiko kanker. Cara pengolahannya ialah dengan merebus 5-10 lembar daun salam yang masih muda bersama 2 gelas air dengan api kecil.

Saring air rebusan, lalu tambahkan madu secukupnya sebagai perasa. Anda bisa menjadikan kebiasaan minum ramuan daun salam sebagai pengganti minuman teh sehari-hari.

Namun, ada baiknya Anda tetap berkonsultasi dengan dokter, apakah ada efek samping yang ditimbulkan apabila meminum rebusan daun salam tersebut dengan obat resep dari dokter.

9. Menghilangkan Ketombe

Munculnya ketombe pada rambut tentu akan mengganggu penampilan dan rasa percaya diri Anda. Selain menggunakan shampoo dan conditioner, ternyata ada juga lho cara lain yang ampuh untuk menghilangkan ketombe.

Manfaat daun salam yang berikutnya ialah dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe. Caranya cukup dengan merebus 15-20 lembar daun salam bersama 1 liter air hingga mendidih.

Kemudian diamkan agar dingin. Siramkan air daun salam tadi ke rambut dan kulit kepala sambil dipijat secara perlahan. Gunakan sekitar 30 menit sebelum keramas menggunakan shampoo.

Lakukan secara rutin setiap kali Anda akan keramas, dijamin masalah ketombe pada rambut akan dapat teratasi.

10. Membantu Program Penurunan Berat Badan

Manfaat daun salam yang terakhir ialah dapat menurunkan berat badan secara alami. Air rebusan daun salam bisa digunakan untuk membantu program diet yang tengah Anda jalani.

Caranya, sediakan 20-30 lembar daun salam muda yang masih segar. Cuci daun salam sampai bersih. Kemudian rebus bersama 4 gelas air bersih sampai mendidih. Kira-kira air sudah mendidih dan tersisa tinggal 2 gelas, matikan kompor. Diamkan agar air rebusan menjadi hangat.

Minum air rebusan daun salam 2 kali sehari pada waktu pagi dan malam hari. Cara ini akan membantu Anda mempercepat program diet yang tengah dijalani sehingga berat badan ideal yang diidamkan bisa menjadi kenyataan.

***
Demikian 10 manfaat daun salam untuk kesehatan beserta cara pengolahannya yang dapat kami sampaikan untuk Anda. Semoga bermanfaat!

adsense-fallback