✕ Close

11 Manfaat Daun Sirih untuk Pengobatan dan Kesehatan Tubuh

adsense-fallback

Daun sirih merupakan salah satu bahan herbal yang telah lama dikenal memiliki banyak khasiat. Manfaat daun sirih bagi kesehatan amat luar biasa karena di dalamnya mengandung berbagai senyawa seperti saponin, tannin, eugenol, hingga berbagai jenis minyak esensial.

Sebagai tanaman herbal, beragam kegunaan bisa kita peroleh dari daun sirih mulai dari anti-septik, anti-inflamasi, hingga memiliki sifat mendinginkan kulit.

adsense-fallback

Manfaatnya tidak terbatas untuk permukaan kulit, tapi juga bisa dikonsumsi untuk kesehatan organ-organ dalam tubuh. Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai beragam manfaat daun sirih untuk kesehatan dan pengobatan, ada baiknya kita menilik dahulu apa saja kandungan daun sirih!

Kandungan Daun Sirih Sebagai Tanaman Herbal

Daun sirih termasuk tanaman yang memiliki banyak kandungan air, yaitu sekitar 85-90% terdiri dari air. Oleh karena itu, tanaman ini justru memiliki kandungan kalori dan lemak yang rendah. Daun sirih hanya mengandung 44 kalori dan 0,4-1 persen lemak di setiap 100 gramnya.

Sedangkan untuk kandungan nutrisi lainnya pada setiap 100 gram daun sirih terdiri dari:

  • Protein: 3%
  • Sodium: 1,1-4,6%
  • Iodin: 3,4 mcg
  • Vitamin A: 1,9-2,9 mg
  • Vitamin B1: 13-70 mcg
  • Vitamin B2: 1,9-30 mcg
  • Asam nikotinat: 0,63-0,89 mg

1. Manfaat Daun Sirih dapat Menurunkan Kadar Gula Darah

Dibuktikan oleh sejumlah penelitian bahwa minum air rebusan daun sirih dapat membantu menurunkan kadar gula darah, terutama bagi penderita diabetes tipe 2. Caranya ialah dengan mengeringkan daun sirih lalu digerus menjadi bubuk, setelah itu baru direbus.

Manfaat ini dikarenakan daun sirih mengandung antioksidan tinggi yang mampu mengurangi stres oksidatif penyebab kerusakan sel-sel tubuh yang dapat memicu ketidakseimbangan insulin.

Daun sirih juga tidak menimbulkan efek samping apapun sehingga penggunaannya tidak perlu dikhawatirkan bagi penderita diabetes.

Namun demikian, dalam pengobatan diabetes, daun sirih hanya dipakai sebagai pengobatan pendamping. Ada baiknya Anda juga mengonsultasikannya dulu dengan dokter agar tidak ada risiko efek samping akibat interaksi antara obat dokter dengan ramuan daun sirih.

Selain dapat menurunkan kadar gula darah, banyak peneliti yang juga meyakini kalau daun sirih memiliki khasiat yang baik dalam melindungi kesehatan organ hati.

2. Manfaat Daun Sirih untuk Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Dari apa yang kita makan, mulut menjadi salah satu bagian tubuh yang rentan terhadap pertumbuhan bakteri. Mengunyah daun sirih atau berkumur dengan air rebusan daun sirih ternyata dapat berguna untuk menghambat pertumbuhan bakteri di dalam mulut.

Seperti kita ketahui, kebiasaan mengunyah daun sirih bahkan sudah dilakukan oleh orang-orang tua zaman dahulu karena khasiatnya tersebut sudah mereka rasakan sendiri.

Selain menghambat pertumbuhan bakteri mulut, daun sirih juga dipercaya ampuh mencegah gigi berlubang. Hal ini dikarenakan daun sirih memiliki kandungan zat dengan kemampuan melawan asam yang dihasilkan bakteri dari sisa makanan yang menempel di gigi.

3. Manfaat Daun Sirih untuk Menjaga Kesehatan Saluran Cerna

Daun sirih baik yang berwarna hijau maupun merah diketahui dapat meningkatkan produksi lendir yang berguna melindungi kesehatan saluran cerna. Lendir tersebut akan mencegah luka pada lambung maupun dinding usus yang bisa terjadi karena berbagai sebab.

Selain itu, daun sirih juga membantu menormalkan kadar asam lambung sehingga berguna untuk meredakan maag dan rasa nyeri yang muncul karena perut kembung.

Dengan mengonsumsi daun sirih, metabolisme saluran cerna akan meningkat sehingga dapat bekerja lebih baik untuk membuang semua materi limbah maupun racun dari dalam tubuh.

Keunikan lainnya ialah ketika Anda mengunyah daun sirih, maka akan meningkatkan produksi air liur yang dapat mengikat serta melembutkan makanan. Dengan demikian proses menelan dan pengiriman makanan ke saluran cerna dapat berjalan lebih lancar.

Artinya, daun sirih memiliki manfaat yang besar dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan sehingga bagi orang yang mengonsumsinya dapat terhindar dari sembelit maupun diare.

Baca juga artikel lainnya:

4. Manfaat Daun Sirih untuk Mencegah Kanker

Daun sirih mengandung antioksidan eugenol yang dapat membantu memerangi radikal bebas pemicu kanker. Dengan meminum air rebusan daun sirih hijau maupun merah diyakini dapat membantu tubuh memerangi kanker.

5. Manfaat Daun Sirih untuk Menyembuhkan Luka Bakar

Bila Anda terkena luka bakar, maka dapat memanfaatkan khasiat yang terkandung dalam daun sirih. Hal ini juga terkait dengan kandungan antioksidan yang tinggi pada daun sirih.

Ketika seseorang mengalami luka bakar maka tubuh mengalami stres oksidatif yang akan menghambat proses penyembuhan luka.

Selain dapat mempercepat proses penyembuhan luka, daun sirih juga bersifat antiseptik yang ampuh melindungi tubuh dari infeksi kuman berbahaya.

6. Menurunkan Tekanan Darah dan Kadar Kolesterol

Antioksidan eugenol pada daun sirih dapat bekerja aktif melawan radikal bebas pemicu stres oksidatif yang dapat menjadi pemicu berbagai penyakit kronis.

Salah satu manfaat penting daun sirih lainnya ialah dapat menurunkan kadar kolesterol LDL yang merupakan lemak jahat dalam tubuh. Tidak hanya itu, mengonsumsi daun sirih juga berguna dalam mengurangi jumlah lemak dalam darah.

Sebagai gantinya, kadar kolesterol baik dalam darah akan meningkat sehingga mengurangi risiko berbagai penyakit kardiovaskuler seperti hipertensi, stroke, hingga jantung koroner dan gagal jantung.

Cara memanfaatkannya untuk mencegah tekanan darah tinggi ialah dengan merebus 3-4 lembar daun sirih merah, lalu diminum air rebusannya sebanyak 2 kali sehari secara rutin.

7. Manfaat Daun Sirih dalam Membantu Turunkan Depresi

Sejumlah penelitian yang telah dilakukan membuktikan bahwa daun sirih memiliki khasiat yang ampuh dalam menurunkan tingkat depresi.

Caranya ialah dengan mengunyah daun sirih atau meminum air rebusannya. Hal ini dapat memicu otak untuk memproduksi lebih banyak hormon serotonin sehingga mood Anda akan menjadi lebih baik.

8. Manfaat Daun Sirih sebagai Peningkat Energi

Mengunyah daun sirih diyakini dapat meningkatkan energi. Hal ini karena daun sirih mengandung berbagai zat aktif dengan fungsi mirip kafein. Sehingga dapat merangsang tubuh untuk memproduksi hormon adrenalin.

Dengan meningkatnya hormon adrenalin, Anda akan lebih fokus, waspada, dan lebih berenergi saat melakukan suatu aktivitas.

9. Manfaat Daun Sirih untuk Menyembuhkan Mimisan

Banyak orang sudah familiar dengan manfaat daun sirih yang satu ini. Seperti halnya manfaat untuk menyembuhkan luka bakar, daun sirih juga dapat berkhasiat untuk menyembuhkan mimisan.

Daun sirih mengandung antioksidan tannin yang memicu tubuh untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Tubuh juga menjadi lebih cepat dalam proses pembekuan darah sehingga dapat lebih cepat menutup luka pada pembuluh darah pada hidung.

10. Manfaat Daun Sirih sebagai Obat Batuk

Daun sirih mengandung vitamin B dan C serta alkaloid yang ampuh meredakan peradangan dan gatal di tenggorokan yang menjadi penyebab batuk.

Cara menjadikan daun sirih sebagai obat batuk bisa dilakukan dengan langkah berikut ini:

  • Sediakan 5 lembar daun sirih merah yang telah dibersihkan.
  • Rebus daun sirih dalam 300 mililiter air selama 15 sampai 20 menit.
  • Minum air rebusannya 1 kali sehari.

11. Manfaat Daun Sirih untuk Pembersih Daerah Kewanitaan

Kalau kita lihat di televisi, begitu banyak produk pembersih untuk kewanitaan yang menggunakan bahan daun sirih. Daun sirih memang memiliki zat antiseptik dan memiliki khasiat yang baik untuk membersihkan daerah kewanitaan.

***

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai beragam manfaat daun sirih untuk pengobatan dan kesehatan tubuh. Meski memiliki segudang manfaat, ingatlah untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan karena bisa memberi dampak negatif bagi tubuh.

adsense-fallback