✕ Close

20 Manfaat Jahe untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

adsense-fallback

Manfaat jahe sudah dikenal lama sebagai campuran bahan makanan sekaligus ramuan tradisional penghangat badan. Tanaman jahe sebenarnya berasal dari Asia Tenggara, kemudian menyebar ke berbagai daerah di seluruh penjuru dunia.

Aromanya yang khas dan manfaatnya yang ampuh dalam bidang kesehatan menjadikan jahe banyak digunakan sebagai bahan pengobatan alternatif di China, India, sampai ke Timur Tengah.

adsense-fallback

Jahe segar memiliki rasa dan aroma yang lebih kuat dibandingkan dengan jahe bubuk. Jahe segar juga memiliki kandungan gingerol yang lebih banyak, sehingga khasiatnya akan lebih terasa ketimbang jahe bubuk.

Memangnya apa saja sih manfaat jahe? Nah, ada beragam manfaat luar biasa yang didapatkan dari mengonsumsi jahe. Mulai dari menghangatkan badan, menyehatkan sistem pencernaan, hingga berbagai khasiat untuk kecantikan.

Untuk menambah wawasan Anda, silahkan simak berbagai manfaat jahe yang akan kami bagikan berikut ini!

1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Sejak dahulu kala, manfaat jahe memang dikenal sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti perut kembung, sembelit, hingga naiknya asam lambung.

Secara garis besar, jahe memiliki khasiat untuk menyehatkan sistem pencernaan karena dapat menyembuhkan berbagai masalah kesehatan pada sistem pencernaan.

2. Menurunkan Risiko Kanker Usus

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, manfaat jahe diketahui dapat menurunkan risiko terkena kanker usus. Penelitian ini dilakukan terhadap mereka yang rajin mengonsumsi jahe dan mereka yang jarang mengonsumsi jahe.

3. Aroma Jahe Dapat Mengatasi Rasa Mual dan Ingin Muntah

Jahe memiliki aroma yang menenangkan sehingga dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks. Efek ini juga berguna untuk mengatasi rasa mual atau ingin muntah. Terapi yang melibatkan jahe sering diterapkan kepada pasien kanker untuk mengatasi mual sehabis menjalani kemoterapi.

4. Menjaga dan Meningkatkan Kesehatan Otak

Mengonsumsi jahe secara teratur diketahui memiliki khasiat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan otak. Penelitian yang pernah dilakukan terhadap khasiat jahe mengungkapkan bahwa jahe dapat menghambat proses peradangan yang terjadi di otak.

Bahkan, mengonsumsi jahe juga dapat meningkatkan fungsi kerja otak, menambah fungsi kognitif otak, dan menurunkan tingkat stres oksidatif yang disebabkan oleh penyakit Demensia.

5. Mengobati Migrain

Uji klinis yang dilakukan terkait manfaat jahe, ditemukan bahwa jahe dapat berguna untuk mengobati migrain.

Penelitian ini telah dibuktikan terhadap 100 pasien migrain yang diberikan obat dengan kandungan bubuk jahe. Hasilnya, cukup efektif mengurangi ketidaknyamanan akibat migrain tanpa adanya efek samping.

6. Melindungi dari Efek Negatif Sinar Ultraviolet

Jahe juga memiliki kemampuan yang unik yaitu dapat menyerap sinar ultraviolet yang dianggap menjadi penyebab kerusakan DNA. Ekstrak jahe dapat merangsang produksi antioksidan dalam tubuh sehingga akan melindungi tubuh dari efek negatif sinar UV.

Baca juga artikel lainnya:

7. Melegakan Tenggorokan

Jahe dapat memberi efek hangat di tenggorokan. Dengan mengonsumsi jahe akan melegakan tenggorokan yang gatal akibat penyakit pernapasan.

8. Mengobati Alergi

Biasanya, jahe juga dimanfaatkan untuk mengatasi rasa gatal di kulit. Hal ini karena jahe memiliki khasiat untuk mengobati alergi bila dikonsumsi secara teratur.

9. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tubuh kita dapat melawan berbagai serangan penyakit karena memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat. Jahe diyakini dapat memperkuat sistem imun tubuh apabila kita mengonsumsinya secara rutin.

10. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Telah banyak dilakukan penelitian terhadap kegunaan jahe dalam bidang kesehatan. Bagi penderita diabetes, jahe sangat baik untuk dikonsumsi karena dapat memperlancar metabolisme karbohidrat dan lipid sehingga kadar gula darah dapat menjadi lebih stabil.

Selain itu, jahe juga memiliki efek yang baik bagi perlindungan terhadap penderita diabetes dari kerusakan mata dan komplikasi lain yang ditimbulkannya.

11. Menjaga Kestabilan Tekanan Darah

Jahe memiliki efek yang baik untuk menjaga kestabilan tekanan darah sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh mereka yang menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi.

12. Membantu Jaga Kesehatan Kardiovaskuler

Jahe mengandung bahan aktif alami bernama 6-gingerol yang diketahui memiliki peran penting dalam mengatur tekanan darah dan menjaga kesehatan kardiovaskuler. Bisa dikatakan jahe juga bermanfaat sebagai obat alami untuk penderita penyakit jantung.

13. Mendukung Kesehatan Tulang

Jahe juga berkhasiat menjaga kesehatan tulang. Dibuktikan oleh sebuah penelitian bahwa penyakit osteoarthritis dapat disembuhkan secara efektif oleh ekstrak jahe.

14. Meredakan Nyeri Otot

Jahe tidak hanya berguna dalam menjaga kesehatan otot, tapi juga dapat meredakan nyeri yang terjadi pada otot.

Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap para atlet di tahun 2013 mengindikasikan mereka yang mengonsumsi jahe selama 6 minggu mengalami penurunan nyeri otot yang signifikan dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi jahe.

15. Mengurangi Peradangan

Bagian tubuh yang mengalami peradangan biasanya ditandai dengan bengkak dan kulit berwarna kemerahan. Peradangan bisa disebabkan akibat memburuknya kondisi kesehatan, atau bisa juga karena salah makan.

Bila Anda tengah mengalami kondisi demikian, maka jahe bisa menjadi solusi tepat untuk mengatasinya. Beberapa manfaat lainnya seperti anti inflamasi, antiviral, dan antibakteri bisa Anda peroleh dari mengonsumsi jahe.

16. Mempercepat Pembakaran Lemak Tubuh

Jahe juga bermanfaat dalam membantu program diet yang tengah Anda jalani. Mengonsumsi jahe akan mempercepat pembakaran lemak dan kalori, memperlancar metabolisme, dan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

17. Meningkatkan Regenerasi Sel Kulit

Jahe dipercaya memiliki manfaat yang baik dalam meningkatkan sirkulasi darah, mempercepat regenerasi kulit, dan mencegah selulit.

18. Merawat Kulit dan Mencegah Penuaan

Manfaat jahe juga bisa kita rasakan dalam bidang kecantikan. Salah satunya ialah merawat kulit dan mencegah penuaan. Bahkan, sudah sejak lama jahe dikenal sebagai bahan ramuan anti penuaan dini yang digunakan dalam pengobatan tradisional China dan Ayurveda.

Jahe mengandung zat antioksidan yang dapat meningkatkan produksi kolagen, mengurangi kerusakan kulit, dan mencegah peradangan.

19. Mencegah Munculnya Jerawat

Jahe juga dapat berfungsi sebagai antiseptik alami dan antioksidan yang mampu melawan dan mencegah bakteri penyebab jerawat.

Tidak hanya itu, bahan alami yang terkandung dalam jahe juga efektif meningkatkan pertumbuhan sel kulit baru, meningkatkan sirkulasi darah, dan mempercepat penyembuhan luka.

20. Mencegah Kebotakan pada Rambut

Jika rambut Anda sering mengalami kerontokan, maka dapat berujung pada kebotakan. Untuk mencegahnya Anda dapat melakukan perawatan rambut menggunakan jahe.

Mungkin belum banyak yang tahu akan manfaat jahe dalam mencegah kebotakan rambut. Jahe memiliki kandungan zat yang dapat merangsang folikel pada kulit kepala sehingga akan memelihara setiap helai rambut dan menguatkannya.

***

Itulah sejumlah manfaat jahe yang luar biasa bagi kesehatan dan kecantikan. Bila Anda ingin menjadikan jahe sebagai bahan untuk pengobatan, pilihlah jahe yang masih segar dengan struktur kokoh, halus, dan tidak berjamur.

Dengan informasi di atas, Anda kini semakin tahu bahwa tanaman yang biasa dijadikan sebagai bahan bumbu masakan ini ternyata memiliki khasiat yang luar biasa.

adsense-fallback