✕ Close

10 Manfaat Kunyit yang Luar Biasa untuk Kesehatan dan Kecantikan

adsense-fallback

Manfaat kunyit sebagai bahan pelengkap makanan mungkin sudah banyak yang mengetahui. Tapi tahukah Anda kalau bumbu dapur yang memiliki cita rasa dan warna yang khas ini ternyata juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan?

Senyawa kimia bernama kurkumin dalam kunyit merupakan zat pewarna kuning yang diyakini memiliki keampuhan dalam membantu proses penyembuhan berbagai penyakit. Nah, apa saja manfaat kunyit untuk kesehatan yang bisa kita peroleh dari mengonsumsinya? Berikut kami sampaikan ulasannya!

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

adsense-fallback

Adapun manfaat kunyit yang bisa kita peroleh untuk kesehatan tubuh, antara lain:

1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kunyit mengandung kurkumin. Zat ini dapat memberi manfaat sebagai anti-bakteri jahat dalam perut. Dengan demikian kesehatan pencernaan Anda akan tetap terjaga.

2. Meningkatkan Imunitas

Kurkumin yang terdapat pada kunyit juga dapat berfungsi sebagai zat anti oksidan yang kuat sehingga mampu mencegah radikal bebas yang dapat merusak sistem DNA. Perlu diketahui, sistem kekebalan tubuh atau imunitas juga dipengaruhi oleh sistem DNA yang kuat.

3. Bantu Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Tidak hanya mengandung zat anti oksidan yang kuat, manfaat kunyit lainnya juga cukup ampuh untuk mengurangi kadar kolesterol buruk dalam darah.

4. Mencegah Peradangan

Berbagai macam penyakit mulai dari yang ringan sampai yang kronis dapat muncul karena disebabkan peradangan yang terjadi dalam tubuh. Peradangan juga dapat berakibat pada penyakit jantung, alzheimer, kanker, dan beragam kondisi degeneratif lainnya. Kunyit mengandung kurkumin yang tinggi yang dapat memberi manfaat sebagai anti-inflamasi atau mencegah peradangan.

5. Mencegah Penyakit Kardiovaskuler dan Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat kunyit berikutnya adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini karena di dalam kunyit terdapat berbagai macam vitamin dan mineral mulai dari potasium hingga zat besi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh guna membangun sel darah merah.

Selain itu, kandungan kalium dalam kunyit juga ampuh untuk menjaga kestabilan tekanan darah dan denyut jantung. Itulah mengapa kunyit dapat menjadi bahan ampuh yang berguna bagi kesehatan jantung dan mencegah berbagai penyakit kardiovaskuler.

6. Mengurangi Risiko Penyakit Alzheimer

Sebagai penyakit neurodegeneratif, penyakit alzheimer dapat mengakibatkan demensia. Hingga sekarang belum ada pengobatan yang benar-benar ampuh untuk mengatasi alzheimer. Namun, kita bisa mencegah atau menurunkan risikonya, yaitu dengan mengonsumsi kunyit secara rutin. Kandungan kurkumin di dalam kunyit mampu memberi manfaat terhadap pencegahan penyakit alzheimer yang sampai sejauh ini belum ditemukan obatnya.

7. Bantu Menyembuhkan Penyakit Asma

Bila Anda tengah mengalami asma, flu, pilek, ataupun batuk, cobalah meminum satu sendok bubuk kunyit yang dicampur dengan segelas susu. Ini menjadi salah satu manfaat kunyit, yaitu ampuh untuk menyembuhkan penyakit asma dan gangguan sistem pernapasan lainnya.

Manfaat Kunyit untuk Perawatan Kulit dan Kecantikan

Kalau tadi kita sudah membahas tentang manfaat kunyit untuk kesehatan, sekarang Anda perlu tahu juga bahwa kunyit juga bermanfaat untuk perawatan kulit dan kecantikan.

1. Menghambat Penuaan Dini

Salah satu manfaat kunyit untuk kecantikan ialah dapat menghambat munculnya tanda-tanda penuaan dini. Caranya, campurkan kunyit ke dalam air, aduk sampai membentuk pasta. Oleskan pada wajah, leher, hingga lengan.

Saat ramuan kunyit sudah mengering, gosok dengan lembut pada kulit dengan gerakan melingkar. Sisanya, bersihkan menggunakan air hangat. Lakukan cara tersebut dengan teratur guna mencegah munculnya kerutan sehingga kulit Anda selalu tampak awet muda.

2. Membuat Kulit Wajah Cerah Bercahaya

Manfaat kunyit untuk kecantikan yang berikutnya ialah dapat meratakan warna kulit dan membuat kulit tampak lebih cerah bercahaya. Caranya, blender kunyit hingga menjadi pasta lalu gunakan sebagai masker wajah.

3. Mencegah Timbulnya Jerawat

Kunyit memiliki kandungan zat yang bersifat antibakteri dan antiseptik sehingga dapat membantu melawan jerawat. Kunyit juga bermanfaat untuk menyamarkan bekas jerawat dan mengontrol sekresi minyak pada kulit. Caranya sangat mudah, cukup campurkan sedikit bubuk kunyit, air lemon, dan bubuk cendana. Oleskan pada seluruh wajah sebagai masker, biarkan mengering. Lalu bersihkan wajah dengan air dingin.

Baca juga artikel lainnya:

Manfaat Kunyit untuk Mencegah Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit mengerikan yang diawali karena adanya pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Ternyata kunyit bisa menjadi bahan yang bermanfaat untuk mencegah dan meminimalkan efek buruk kanker. Hal ini karena kandungan kurkumin pada kunyit.

Di samping itu, kandungan kurkumin pada kunyit juga mampu membunuh sel kanker, mengurangi angiogenesis (pertumbuhan pembuluh darah baru pada tumor), dan menghambat metastasis (penyebaran kanker).

Ditunjukkan oleh hasil penelitian bahwa 4 gram kunyit yang dikonsumsi selama 30 hari dapat mengurangi jumlah lesi pada usus besar mencapai 40 persen.

Manfaat Kunyit Asam, Minuman Tradisional Indonesia

Anda tahu minuman kunyit asam? Minuman ini merupakan jamu tradisional khas Indonesia berbahan kunyit yang cukup populer. Manfaat kunyit asam amat luar biasa untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Kunyit Asam Ampuh Meredakan Gejala Arthritis

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kunyit dapat bersifat anti-inflamasi sehingga minum kunyit asam sangat membantu dalam meredakan peradangan dan pembengkakan pada penderita arthritis atau radang sendi.

2. Mencegah Penyakit Kronis Kolitis Ulserativa

Para peneliti dari University of Maryland Medical Center menemukan fakta bahwa mengonsumsi kunyit asam secara rutin mampu menyembuhkan kolitis ulserativa, yaitu penyakit kronis yang menyebabkan munculnya bisul pada ujung bawah saluran pencernaan.

3. Menyembuhkan Penyakit Uveitis

Uveitis merupakan kondisi peradangan yang terjadi pada iris mata. Ditunjukkan oleh sejumlah penelitian bahwa kandungan kurkumin pada kunyit memiliki efek yang ampuh untuk menyembuhkannya.

Selain Kunyit Kuning, Kunyit Hitam juga Memiliki Banyak Manfaat

Selain kunyit kuning, ada juga kunyit yang berwarna hitam. Manfaat kunyit hitam ini hampir sama dengan kunyit kuning.

Kunyit hitam memiliki nama ilmiah Cucurma Caesia. Sejumlah penelitian juga telah membuktikan akan manfaat dari kunyit berwarna hitam ini, di antaranya memiliki kandungan zat antioksidan yang tinggi, bersifat anti peradangan, dan ampuh mencegah kanker.

Uniknya lagi, kunyit hitam tidak hanya dapat mengobati penyakit asma dan bronkitis, tapi juga penyakit pneumonia. Cara pemanfaatannya bisa dicampurkan sebagai bumbu masakan, atau merebus dan meminum air rebusannya.

Efek Samping Mengonsumsi Kunyit

Selain manfaat, kunyit juga dapat menimbulkan efek samping apabila dikonsumsi secara berlebihan. Efek samping kunyit yang ditimbulkan antara lain:

  • Meningkatkan detak jantung
  • Gangguan perut dan pencernaan
  • Reaksi alergi seperti ruam
  • Gangguan pada kantung empedu
  • Gangguan hati
  • Perdarahan
  • Kontraksi uterus
  • Mengurangi kesuburan pada pria

Namun pada dasarnya kunyit cukup aman untuk dikonsumsi selama tidak berlebihan. Telah dibuktikan oleh sejumlah penelitian bahwa mengonsumsi kunyit sebanyak 490 miligram setiap hari selama satu minggu masih sangat aman dan tidak menimbulkan efek samping apapun.

Nah itulah sejumlah manfaat kunyit untuk kesehatan dan kecantikan. Ingat juga untuk tidak mengonsumsi kunyit secara berlebihan karena dapat menimbulkan efek samping yang buruk bagi kesehatan. Apapun jenis makanannya, memang dapat menimbulkan efek buruk apabila dikonsumsi berlebihan.

adsense-fallback