✕ Close

20 Manfaat Minyak Ikan Salmon untuk Kesehatan

adsense-fallback

Ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan yang paling banyak dicari untuk dikonsumsi. Selain bisa diolah menjadi makanan sehat, jenis ikan ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan badan.

Beragam manfaat kesehatan ini didapat berkat kandungan protein, vitamin, dan mineral dalam tubuh ikan salmon yang lebih tinggi daripada jenis ikan lainnya. Seperti selenium, kalium, vitamin B-12, asam lemak omega-3, hingga asam lemak esensial alami – asam dokosaheksanoik (DHA) dan asam eikosapentatonik (EPA).

Namun tak cuma daging ikan salmon saja yang penuh manfaat, faktanya minyak ikan salmon juga memiliki manfaat bagi kesehatan yang tidak sedikit. Inilah manfaat minyak ikan salmon yang penting diketahui.

adsense-fallback

Manfaat Minyak Ikan Salmon Bagi Tubuh

Mengurangi tingkatan kolesterol jahat, menambah kolesterol baik, dan mengurangi trigliserida.

Ikan salmon mengandung omega-3 alami, yang bermanfaat mengurangi tingkat kolesterol jahat (HDL) sekaligus menaikkan kolesterol baik (LDL), dan trigliserida yang terdapat dalam darah.

Kolesterol tinggi membuat penyempitan pada pembuluh darah arteri, akibat dari penumpukan plak dan mengerasnya dinding pembuluh darah. Istilah medisnya disebut aterosklerosis.

Seseorang yang memiliki aterosklerosis, terutama di bagian pembuluh darah arteri jantung, maka peluang terserang penyakit jantung koroner semakin besar.

Mengurangi tekanan darah tinggi (hipertensi)

Selain bermanfaat menurunkan kadar kolesterol jahat, menaikkan kolesterol baik, dan menurunkan trigliserida, omega-3 juga bermanfaat mengurangi tekanan darah dalam tubuh. Jika tidak dirunkan, dikhawatirkan tekanan darah tinggi memicu penyakit stroke.

Bagi Anda yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi (hipertensi) bisa mengonsumsi minyak ikan salmon secara teratur.

Menjaga kesehatan mata

Mata adalah jendela dunia. Itulah kenapa mata wajib dijaga. Jika tidak dijaga, niscaya Anda sulit melihat keindahan dunia.

Kesehatan mata bisa dijaga dengan rutin mengonsumsi vitamin A. Untuk mendapatkan vitamin A, Anda hanya perlu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A. Salah satunya adalah minyak ikan salmon, yang rupa-rupanya juga memiliki jenis vitamin yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata.

Menjaga kesehatan jantung

Di samping memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mata, omega-3 minyak ikan salmon juga punya kemampuan menjaga kesehatan jantung. Ketika organ vital ini terjaga, maka tidak mengherankan jika bisa menghindarkan seseorang dari serangan jantung yang dapat mengakibatkan kematian.

Baca juga artikel lainnya:

Manfaat Minyak Ikan Salmon Untuk Kulit Wajah

Mencegah dan mengatasi gangguan pada kulit

Ada banyak gangguan pada kulit, seperti psoriasis, jerawat, alergi kulit, dll. Jika Anda mengonsumsi minyak ikan salmon secara teratur, maka Anda akan mendapatkan banyak manfaat dari minyak ikan salmon untuk kecantikan. Tak cuma mencegah, minyak ikan salmon yang mengandung omega-3, ERP, dan DHA akan mengatasi gangguan kulit ringan yang Anda alami.

Manfaat minyak ikan salmon untuk kecantikan

Vitamin E serta omega-3 yang dimiliki oleh minyak ikan salmon bagus untuk kecantikan. Khususnya kecantikan kulit wajah dan tubuh. Ini akan menghindarkan diri Anda dari efek penuaan dini, sehingga membuat Anda terlihat awet muda.

Manfaat Minyak Ikan Salmon Bagi Anak & Bayi

Menambah kecerdasan anak

Anak-anak yang berada di masa pertumbuhan juga baik mengonsumi minyak ikan salmon. Ini karena minyak ikan salmon juga membantu menambah kecerdasan anak, serta mempertajam/mengasah daya nalarnya melalui kandungan omega-3-nya.

Meningkatkan nafsu makan anak

Anak Anda susah makan? Sebaiknya Anda memberi suplemen tambahan. Suplemen yang dimaksudkan dalam hal ini adalah suplemen minyak ikan salmon. Kandungan DHA dan omega-3 dapat menambah nafsu makan. Dengan demikian, anak menerima nutrisi yang baik dan cukup.

Bagus buat pertumbuhan dan pembentukan tulang anak

Tubuh anak-anak masih bisa tumbuh dan dibentuk jika mendapat asupan nutrisi yang tepat dan bagus. Salah satu nutrisi itu terdapat dalam minyak ikan salmon, yang memiliki kandungan vitamin D.

Cocok buat ibu hamil dan menyusui

Bumil (Ibu Hamil) dan menyusui juga bagus mengonsumsi minyak ikan salmon. Hal ini bermanfaat untuk mendorong tumbuh kembang jabang bayi dan bayi yang baru dilahirkan. Khususnya tumbuh kembang kognitifnya, yang terdapat dalam kandungan omega-3 yang terdapat pada minyak ikan salmon.

Manfaat Lain dari Minyak Ikan Salmon

Di samping manfaat dari minyak ikan salmon yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa manfaat lainnya, yaitu:

  • Mengatur metabolisme tubuh
  • Melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet
  • Mencegah pengerasan arteri
  • Menyehatkan jantung
  • Mengurangi stres
  • Menghambat proses kanker kulit
  • Menjaga stamina badan
  • Menambah hemoglobin (sel darah merah)
  • Menambah energi
  • Mengurangi potensi penyakit alzheimer (penyakit otak yang progresif dan degeneratif)

Cara Mengonsumsi Minyak Ikan Salmon

Pertanyaannya, bagaimana cara mengonsumsi minyak ikan salmon? Apakah manfaat minyak ikan salmon bisa didapatkan dengan mengonsumsi minyaknya atau dagingnya?

Minyak ikan salmon merupakan suplemen makanan yang bisa dikonsumsi dengan dua opsi: cair dan kapsul. Suplemen minyak ikan salmon cair memiliki aroma dan cita rasa ikan (baca: amis) yang lebih kuat dibandingkan kapsul. Hal ini sangat mengganggu sebagian orang. Namun, Anda dapat mencampurkan minyak ikan cair dengan makanan dan minuman dalam takaran yang pas.

Kelebihannya suplemen bentuk cair ini lebih cepat melarut di dalam tubuh. Sedangkan suplemen minyak ikan salmon kapsul sama sekali tidak berbau. Hal ini karena suplemen ini sudah dikemas dengan kapsul berbentuk softgel. Sehingga aroma dan cita rasa ikan sudah tidak mengganggu siapapun.

Pilih jenis suplemen minyak ikan salmon yang dirasa membuat Anda nyaman.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Mengonsumsi Minyak Ikan

Sebelum memutuskan mulai mengonsumsi minyak ikan salmon, tak ada salahnya Anda mengetahui hal-hal berikut ini.

  1. Cek label kandungan yang terdapat dalam kemasan minyak ikan salmon.
  2. Konsultasi dengan dokter Anda untuk mendapatkan resep minyak ikan salmon yang tepat.
  3. Konsumsi sesuai takaran yang dianjurkan, jangan berlebihan.
  4. Cari info tentang efek samping konsumsi minyak ikan yang ingin Anda pilih.
  5. Perhatikan keadaan yang tidak cocok untuk mengonsumsi minyak ikan.

Tips Menentukan Produk Minyak Ikan Salmon yang Tepat

Berikut ini merupakan tips menentukan produk minyak ikan salmon yang tepat untuk Anda konsumsi, yaitu:

  1. Cek kandungan minyak ikan salmon yang terdapat didalam kemasan, terutama omega-3 (EPA dan DHA). Minimal kandungan yang wajib ada sebesar 1 gram.
  2. Pilih produk dari pabrikan besar dan bagus. Caranya dengan memperhatikan label grade farmasi manufakturnya (GMP). Pabrik yang terdapat label GMP memiliki kontrol yang kuat terhadap produk-produknya.
  3. Jika ada, perhatikan pula sumber ikan yang digunakan sebagai suplemen minyak ikan salmon. Apakah berasal dari ikan salmon ternakan atau ikan salmon liar yang berasal dari Laut Arktik? Karena ikan ternakan dan ikan liar memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang berbeda. Omega-3 ikan ternakan jauh lebih rendah dibandingkan ikan liar.

adsense-fallback