✕ Close

8 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kulit yang Perlu Anda Ketahui

adsense-fallback

Minyak zaitun merupakan minyak yang dihasilkan dari penggilingan zaitun. Minyak zaitun sering digunakan dalam berbagai hal contoh sebagai bahan masakan, bahan obat-obatan dan lain-lain. Manfaat dari minyak zaitun sendiri memang sangat beragam salah satunya adalah manfaat untuk kulit. Berikut manfaat minyak zaitun untuk kulit.

1. Mengatasi Kulit Kering

Bagi Anda yang mengalami gangguan kulit kering bisa menggunakan minyak zaitun untuk mengatasinya. Masalah kulit kering membuat penampilan kurang nyaman dan juga dapat dengan mudah menimbulkan iritasi. Tentu masalah kulit harus cepat ditangani bagi para penderitanya dan cara yang paling mudah dan dianjurkan adalah dengan memanfaatkan kandungan yang ada dalam minyak zaitun. Manfaat minyak zaitun untuk kulit memang tidak diragukan lagi dan pemanfaatan minyak zaitun untuk kulit khususnya kulit kering dapat dilakukan dengan meracik ramuan minyak zaitun dengan bahan lain.

adsense-fallback

Untuk mengatasi kulit kering, Anda harus meracik minyak zaitun dengan bahan-bahan seperti cuka apel dan juga madu. Cara meraciknya cukup mudah hanya dengan mencampurkan semua bahan hingga merata. Setelah semua bahan tercampur baru gunakan sebagai masker di seluruh tubuh. Tunggu kurang lebih 20 menit hingga masker minyak zaitun tersebut meresap ke seluruh tubuh. Setelah 20 menit bilas dengan air panas dan untuk hasil yang maksimal bisa dilakukan 1 Minggu sekali secara rutin.

2. Mengatasi Kulit Rusak Akibat Sinar UV

Manfaat dari minyak zaitun selanjutnya yaitu mengatasi kerusakan kulit akibat sinar UV. Kulit rusak akibat sinar UV lebih banyak dialami oleh wanita ketimbang pria hal ini dikarenakan kulit wanita lebih sensitif. Cara yang paling mudah dalam mengatasinya adalah dengan menggunakan minyak zaitun setiap hari. Penggunaan minyak zaitun dalam hal ini cukup simpel dan mudah yaitu hanya dengan mengoleskan minyak zaitun ke tangan, kaki, wajah dan bagian lainnya yang diperlukan. Setelah semua bagian terolesi maka diamkan selama kurang lebih 1 jam dan setelah itu baru dibilas dengan air.

Tentu bagi Anda yang sering terkena gangguan sinar UV bisa menggunakan manfaat dari minyak zaitun sebagai obat penyembuh.

3. Manfaat Menangkal Kanker Kulit

Minyak zaitun memiliki banyak kandungan yang baik bagi kulit. Itulah sebabnya minyak zaitun dijadikan sebagai bahan dalam mengatasi berbagai masalah kulit. Penggunaan minyak zaitun sebagai bahan untuk mengatasi masalah pada kulit bukan hanya dilihat dari kandungannya saja namun juga sifat dari minyak zaitun sendiri yang mudah diserap oleh kulit. Tentu dengan perpaduan antara kandungan dan juga sifatnya, manfaat minyak zaitun akan semakin terasa bagi kulit khususnya.

Berkat kandungan dan sifatnya tersebut minyak zaitun dipercaya dapat menangkal penyakit kanker kulit. Banyak ahli yang telah melakukan penelitian dan menemukan bahwa minyak zaitun dapat mencegah terjadinya kanker kulit. Tentu manfaat minyak zaitun memang sangat beragam bagi penyembuhan dan pencegahan masalah kulit.

4. Meremajakan Kulit

Manfaat minyak zaitun untuk meremajakan kulit dapat dilakukan dengan cara menggunakan minyak zaitun untuk scrubing. Bagi Anda khususnya para wanita yang ingin kulit terlihat lebih segar bisa menggunakan minyak zaitun secara rutin. Untuk proses scrubing menggunakan minyak zaitun caranya cukup simpel hanya dengan mencampurkan minyak zaitun dengan gula dalam takaran yang sama kemudian oleskan pada wajah. Oleskan minyak zaitun yang sudah dicampur gula tersebut seperti mengoleskan krim wajah jadi penggunaannya sama. Setelah itu bilas dengan air dan untuk hasil yang maksimal bisa dilakukan secara rutin.

Manfaat minyak zaitun untuk kulit khususnya untuk meremajakan kulit dapat diterapkan setiap hari dengan cara dan proses yang mudah tentunya. Anda bisa menerapkan cara di atas setiap harinya tanpa harus kerepotan.

Baca juga artikel lainnya:

5. Menghaluskan Kulit Wajah

Selain dapat meremajakan kulit minyak zaitun juga memiliki manfaat yang dapat menghaluskan kulit wajah. Tentu manfaat dari minyak zaitun ini juga dapat dikategorikan ke dalam manfaat kecantikan bagi para wanita. Kulit wajah yang halus merupakan idaman setiap wanita dan minyak zaitun dapat menjadi solusi. Cara menerapkan dan menggunakan minyak zaitun untuk menghaluskan kulit dapat dimulai dengan mencampur minyak zaitun dengan buah pepaya. Buah pepaya dihaluskan kemudian dicampur dengan minyak zaitun dan dijadikan sebagai masker.

Jadikan campuran dari pepaya dan minyak zaitun tersebut sebagai masker di wajah. Tunggu kurang lebih 1 jam setelah pengolesan kemudian bilas hingga bersih. Penggunaan minyak zaitun dan campuran pepaya tersebut secara rutin akan membuat wajah halus dengan cepat.

6. Membersihkan Bekas Jerawat

Manfaat minyak zaitun untuk kulit selanjutnya adalah membantu membersihkan bekas jerawat di kulit wajah. Tentu manfaat yang satu ini dapat menjadi solusi bagi Anda yang memiliki bekas tanda jerawat di wajah dan tak tahu cara menghilangkannya. Tidak perlu perawatan mahal untuk menghilangkan bekas jerawat karena hanya dengan modal minyak zaitun saja bekas jerawat bisa hilang asalkan penggunaannya dilakukan dengan benar dan sesuai batas. Cara untuk menghilangkan bekas jerawat dengan minyak zaitun sendiri hanya dilakukan dengan cara mengoleskan minyak zaitun ke kulit wajah khususnya pada bekas jerawat kemudian pijat-pijat merata seluruh kulit wajah dan tunggu hingga 10 menit baru dibilas.

Cara ini akan sangat manjur jika penggunaannya dilakukan secara rutin yaitu bisa dilakukan setiap hari atau secara berkala 2 – 3 kali sehari.

7. Menghilangkan Gatal-gatal di Kulit

Kulit Anda sering mengalami gatal-gatal yang sangat mengganggu? Atau gatal-gatal hanya terjadi di bagian tertentu? Tidak perlu khawatir karena minyak zaitun dapat menjadi solusi untuk menghilangkan gatal-gatal tersebut. Manfaat dari minyak zaitun untuk menghilangkan gatal-gatal akan sangat bermanfaat terutama bagi seseorang yang memiliki kulit sensitif. Cara penggunaan minyak zaitun untuk menghilangkan gatal-gatal sangatlah sederhana yaitu cukup dengan mengoleskan minyak zaitun pada bagian gatal kemudian biarkan hingga kurang lebih 1 jam baru kemudian dibilas.

Penggunaan minyak zaitun ini bisa dilakukan setiap hari atau jika gatal-gatal muncul kembali namun disarankan menggunakannya secara rutin agar nantinya dapat mencegah gatal-gatal. Bagi Anda yang menderita gatal-gatal di bagian tertentu saja misal gatal-gatal dipunggung maka oleskan minyak zaitun hanya pada bagian punggung saja.

8. Mencegah Peradangan

Peradangan dapat membuat kulit menjadi berkerut dan tidak kencang. Hal ini tentu sangat menghawatirkan bagi setiap orang. Untuk itu penggunaan minyak zaitun dapat mencegah dan mengurangi peradangan yang dapat berakibat buruk khususnya untuk kulit. Penggunaan minyak zaitun untuk mencegah peradangan tidak dengan cara dioleskan atau semacamnya namun dengan cara dikonsumsi. Konsumsi di sini berarti minyak zaitun dicampurkan dengan bahan masakan yang nantinya akan dikonsumsi.

Kandungan dari minyak zaitun setelah dikonsumsi akan mengurangi bahkan mencegah radikal bebas yang mengganggu kesehatan kulit. Kandungan dari minyak zaitun setelah dikonsumsi juga dapat membuat kulit lebih cerah bersinar. Tentu dengan mengonsumsi minyak zaitun akan mendapatkan banyak manfaat khususnya untuk kulit.

Konsumsi minyak zaitun bisa dilakukan secara rutin minimal 3 kali sehari. Campuran minyak zaitun juga harus bahan yang menyehatkan seperti sayuran atau bahkan buah-buahan. Jangan sampai ketika mengonsumsi minyak zaitun bahan campurannya justru bahan-bahan yang kurang menyehatkan karena khasiat dan manfaatnya akan sia-sia. Manfaat minyak zaitun untuk kulit memang beragam salah satunya untuk mencegah peradangan namun bagi Anda yang memiliki masalah atau alergi terhadap minyak zaitun disarankan untuk tidak menerapkan cara-cara di atas.

adsense-fallback