✕ Close

9 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

adsense-fallback

Manfaat minyak zaitun lebih banyak dikenal sebagai alternatif minyak untuk memasak yang lebih sehat. Tetapi, tidak banyak orang tahu kalau ternyata minyak zaitun juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan.

Minyak zaitun sebenarnya merupakan konsentrat lemak yang dihasilkan dari proses pemerasan buah zaitun. Sebelum diperas untuk diambil lemaknya, buah zaitun akan dicuci bersih lalu ditumbuk atau dihancurkan.

Saat ini, pabrik penghasil minyak zaitun sudah banyak yang menggunakan pisau baja untuk menghaluskan buah hingga berbentuk pasta.

adsense-fallback

Pasta yang dihasilkan dari menggiling buah akan mengeluarkan tetesan minyak, proses ini disebut dengan maserasi. Minyak zaitun murni yang dihasilkan dari proses pengolahan buah zaitun lalu dikemas dan diperjual-belikan di pasaran.

Setiap 100 ml minyak zaitun, terkandung sekitar 884 kalori (44% AKG harian) dan 100 gr lemak total. Kandungan tersebut dapat mencukupi hingga 153 persen kebutuhan lemak harian tubuh. Sebagian besar lemak tersebut adalah asam lemak tak jenuh tunggal yang tergolong lemak baik.

Minyak zaitun juga kaya akan kandungan omega-3 dan omega-6, Vitamin E, dan Vitamin K. Oleh karena itu, kita bisa memperoleh beragam manfaat baik dari minyak zaitun baik dalam segi kesehatan maupun kecantikan.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Nah, kalau tadi kita sudah membaca apa saja nutrisi yang terkandung dalam minyak zaitun, sekarang kami akan mengulas lebih jauh tentang apa saja manfaat minyak zaitun dalam bidang kesehatan.

1. Mengurangi Risiko Kanker

Minyak zaitun memiliki sifat anti-oksidan dan anti-inflamasi, selain itu juga mengandung phenolic dan vitamin E yang mampu mengurangi risiko seseorang mengidap kanker, khususnya kanker payudara dan kanker kulit.

Kanker payudara sering terjadi akibat banyaknya konsumsi lemak jahat oleh tubuh. Minyak zaitun memiliki kandungan lemak baik yang dapat berperan melawan perkembangan sel tumor yang merupakan cikal bakal timbulnya kanker payudara.

Minyak zaitun biasa digunakan sebagai bahan pembuat tabir surya karena diketahui berguna mencegah sengatan matahari dan melindungi kulit dari dampak buruk sinar UV A maupun UV B. Dengan demikian tipe kanker kulit yang paling berbahaya yaitu malignant melanoma dapat dicegah dengan lebih efektif.

2. Melancarkan Sirkulasi Darah dalam Tubuh

Banyak mengonsumsi minyak zaitun juga sangat baik untuk melancarkan aliran darah di dalam tubuh. Pasalnya, minyak zaitun mengandung lemak omega-9, omega-6, dan omega-3 yang dapat memperbaiki fungsi endotel pada pembuluh darah.

3. Mengendalikan Kadar Kolesterol dalam Darah

Aliran darah yang lancar dan kandungan antioksidan yang tinggi pada minyak zaitun dapat berguna untuk mencegah kolesterol teroksidasi dalam darah.

4. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Aliran darah yang lancar, anti-oksidan yang tinggi serta kolesterol yang teroksidasi dalam darah dapat melindungi dan mengurangi risiko seseorang terkena beragam masalah pada organ jantung.

5. Mengendalikan Tekanan Darah

Kandungan lemak tak jenuh yang cukup banyak pada minyak zaitun diyakini dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

6. Menambah Ketebalan Tulang dan Mencegah Osteoporosis

Sejumlah peneliti mengungkapkan bahwa konsumsi minyak zaitun dapat meningkatkan kadar kalsium yang signifikan pada tulang, serta meningkatkan kadar MDA, ALP, dan nitrat yang signifikan.

7. Meringankan Peradangan pada Kulit

Minyak zaitun juga bersifat anti-inflamasi sehingga dapat berguna untuk meredakan peradangan kulit yang disebabkan oleh sinar matahari, kulit sensitif, maupun gatal-gatal.

8. Mengobati Alzheimer

Hasil penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti Italia dari Universitas Florence menunjukkan bahwa polifenol yang terkandung pada minyak zaitun dapat mencegah atau meringankan penyakit alzheimer.

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan ini telah diteliti dan dipublikasikan pada PLOS One, sebuah halaman jurnal dengan akses terbuka. Dari hasil penelitian tersebut, ditemukan bahwa suplementasi diet oleuropein aglycone sangat memperbaiki kinerja kognitif tubuh dibandingkan dengan mereka yang tidak menerima asupan polifenol dari minyak zaitun.

Baca juga artikel lainnya:

9. Mencegah Depresi

Penelitian yang dilakukan di Universitas Navarra dan Las Palmas de Gran Canaria mengungkapkan bahwa makanan yang dimasak menggunakan minyak zaitun dapat memerangi penyakit jiwa. Minyak zaitun yang dipadukan dengan pilihan makanan sehat seperti sereal gandum, ikan berminyak, sayuran, dan tomat kering sangat berguna dalam mencegah depresi.

Itulah 9 manfaat minyak zaitun yang bisa diperoleh dalam bidang kesehatan. Tidak sampai disitu saja, minyak zaitun juga ternyata memiliki khasiat yang besar dalam bidang kecantikan.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan Kulit dan Wajah

Beragam manfaat dalam bidang kecantikan juga bisa kita peroleh dari minyak zaitun. Apa saja manfaat minyak zaitun untuk kecantikan? Simak ulasan dari kami berikut ini!

1. Mencegah dan Mengatasi Kulit Kering

Minyak zaitun dapat berfungsi layaknya body lotion karena dapat menjaga kelembaban kulit. Selain dioleskan pada kulit, Anda juga dapat mengaplikasikannya pada wajah. Dengan menggunakan minyak zaitun, kulit Anda akan lebih terlindungi dari kondisi kering.

Tidak hanya itu, minyak zaitun juga dapat berfungsi sebagai anti-oksidan sehingga membantu kulit melawan serangan radikal bebas dan mengurangi peradangan.

2. Penghapus Makeup

Minyak zaitun bisa Anda jadikan sebagai alternatif pembersih makeup alami yang cukup baik. Bahkan, banyak produk cleansing oil yang komposisinya berasal dari minyak zaitun.

3. Mengatasi Berbagai Masalah Jerawat

Tahukah Anda kalau minyak zaitun juga bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah jerawat? Apa saja manfaat minyak zaitun dalam mengatasi jerawat?

  • Bersifat anti-inflamasi sehinga dapat berguna untuk menyembuhkan jerawat dan bekas noda akibat jerawat.
  • Memiliki kandungan anti-bakteri yang ampuh membunuh bakteri penyebab jerawat.
  • Mengatasi masalah jerawat yang diakibatkan kondisi kulit kering.
  • Kandungan polifenolnya bersifat anti-oksidan sehingga dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan mencegah berbagai jenis infeksi.

4. Memutihkan Kulit dan Wajah

Ingin kulit dan wajah Anda putih berseri? Ini dia salah satu manfaat minyak zaitun untuk kecantikan kulit. Minyak zaitun mengandung zat polifenl yang dapat membantu untuk melindungi sel-sel kulit dari kerusakan.

Bila Anda ingin kulit tampak lebih putih, cerah, berseri, cukup gunakan minyak zaitun secara rutin dan tidak butuh waktu lama untuk Anda bisa merasakan manfaatnya.

5. Membuat Kulit Lebih Halus

Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan selanjutnya adalah dapat menghaluskan kulit. Namun, untuk mendapatkan khasiat ini Anda perlu mencampurnya dengan buah pepaya, lalu dihaluskan dan dibuat masker. Gabungan pepaya dan minyak zaitun akan membuat kulit wajah menjadi halus lebih cepat.

6. Mengencangkan Kulit

Kandungan zat linoleic acid pada minyak zaitun dapat membantu menjaga kadar air pada kulit sehingga kulit Anda tidak kering dan cepat keriput. Anti-oksidannya juga membantu sel-sel kulit terlindungi dari kerusakan. Penggunaan minyak zaitun dapat berguna untuk membuat kulit Anda lebih kencang dan tampak awet muda.

7. Menjaga Kesehatan Rambut

Minyak zaitun mengandung vitamin E yang cukup tinggi sehingga dapat bermanfaat dalam merawat kesehatan rambut. Caranya cukup dengan mengoleskan minyak zaitun pada rambut Anda secara rutin. Rambut Anda akan semakin tebal dan terjaga kelembabannya.

Minyak zaitun juga sering dimanfaatkan untuk merangsang pertumbuhan rambut, jadi sangat cocok untuk Anda yang ingin mengatasi masalah kebotakan.

***
Demikian informasi tentang beragam manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Semoga dari ulasan kami di atas, Anda menjadi lebih tahu bahwa banyak manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi atau menggunakan minyak zaitun.

adsense-fallback