✕ Close

6 Manfaat Semut Jepang dan Cara Mengkonsumsinya

adsense-fallback

Manfaat semut Jepang nampaknya tengah populer belakangan ini. Semut Jepang dipercaya mampu mengobati berbagai jenis penyakit, mulai dari meringankan diabetes sampai dengan mengobati stroke.

Tapi mungkin masih ada sebagian orang yang masih bingung tentang semut Jepang. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahasnya untuk Anda mulai dari asal-usulnya hingga berbagai manfaatnya untuk kesehatan. Silahkan disimak!

Asal-usul Semut Jepang

adsense-fallback

Masyarakat Jepang menamakan hewan ini dengan sebutan ‘Ari’. Awalnya, masyarakat Jepang percaya bahwa semut Jepang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Sehingga banyak dari orang Jepang yang membudidayakan dan memperjual-belikannya.

Semut Jepang diketahui memiliki lebih dari 150 jenis, di antaranya yang sering ditemui adalah Stenamma Owatoni, Losius Talpa, Polyergus Samurai, Pachyondyla Pilosior, dan masih banyak lagi. Hampir semua dari jenis tersebut memiliki ciri-ciri yang hampir mirip.

Manfaat semut Jepang diketahui oleh masyarakat Jepang sudah sejak lama. Banyak dari warga Jepang yang turut menjualnya kepada para wisatawan dari berbagai mancanegara. Itulah mengapa semut Jepang kian populer hingga ke seluruh dunia. Bahkan, banyak pula masyarakat di luar negara Jepang yang ikut membudidayakannya.

Manfaat Semut Jepang untuk Kesehatan dan Pengobatan

Semut Jepang dipercaya memberi manfaat yang begitu besar dalam bidang kesehatan. Nah, untuk lebih jelasnya lagi, berikut kami sampaikan beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari mengonsumsi semut Jepang.

1. Efektif Meringankan Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit berbahaya tidak menular yang jumlah penderitanya semakin banyak di dunia. Penanganan untuk penyakit diabetes memang cukup sulit.

Namun tidak perlu khawatir karena semut Jepang diyakini dapat menjadi obat yang efektif untuk mengatasi diabetes. Meskipun masih cukup sedikit penelitian medis yang dilakukan. Orang Jepang percaya bahwa semut Jepang memiliki manfaat yang ampuh untuk meringankan diabetes.

2. Membantu Tingkatkan Vitalitas

Manfaat semut Jepang berikutnya dipercaya ampuh untuk menambah tenaga dan vitalitas, baik untuk pria maupun wanita. Terutama bila Anda adalah pekerja yang melakukan aktivitas cukup berat setiap harinya.

Tentunya dengan manfaat ini produktivitas kerja bisa lebih meningkat karena Anda memiliki tenaga dan vitalitas yang tinggi saat bekerja.

3. Mengendalikan Kadar Kolesterol dalam Darah

Kolesterol sebenarnya adalah zat yang juga dibutuhkan oleh tubuh. Akan tetapi, kadar kolesterol yang terlalu tinggi juga dapat merugikan dan berbahaya bagi tubuh.

Mengonsumsi semut Jepang hidup-hidup diyakini dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah sehingga membuatnya tetap stabil.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung memang terdengar menyeramkan. Pasalnya, penyakit ini menjadi salah satu penyakit tidak menular berbahaya yang telah banyak menyebabkan penderitanya meninggal dunia.

Penyakit jantung dapat menyerang siapa saja, dan seringkali tidak memandang usia. Tidak memandang usia. Namun demikian, Anda bisa coba mengonsumsi semut Jepang karena dipercaya mampu mencegah dan meringankan penyakit jantung.

Baca juga artikel lainnya:

5. Mengendalikan Tekanan Darah

Tekanan darah yang tidak stabil akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh seseorang secara keseluruhan. Terutama bila Anda memiliki penyakit tekanan darah tinggi.

Anda bisa coba mengonsumsi semut Jepang karena diyakini memiliki manfaat yang efektif dalam mengontrol tekanan darah.

Seseorang dengan kondisi hipertensi berisiko pula terkena penyakit jantung dan diabetes. Dengan mengonsumsi semut Jepang, maka Anda dapat menurunkan risiko beberapa penyakit sekaligus, yakni hipertensi, diabetes, hingga penyakit jantung.

6. Membantu Pengobatan Penyakit Stroke

Tekanan darah tinggi dan kolesterol merupakan kombinasi dari penyebab stroke. Penanganan yang cepat dan tepat merupakan langkah yang harus ditempuh guna menghindari risiko yang lebih parah terhadap penyakit stroke yang diderita.

Pengobatan yang dilakukan juga tidak mudah dan tidak boleh sembarangan. Semut Jepang diyakini sebagai salah satu solusi efektif yang dapat membantu pengobatan terhadap penderita stroke.

Tidak sedikit orang yang telah membuktikan manfaat semut Jepang sebagai obat untuk penyakit stroke. Bahkan, sudah banyak pula orang di Indonesia yang telah membuktikannya. Perubahan yang luar biasa telah dirasakan oleh sebagian besar penderita stroke yang mengonsumsi semut Jepang.

Itulah sejumlah manfaat kesehatan yang bisa Anda peroleh dari mengonsumsi semut Jepang. Selain manfaat-manfaat di atas, sebenarnya masih banyak lagi manfaat semut Jepang yang lainnya.

Bagi Anda yang ingin mencoba khasiat semut Jepang, sekarang ini sudah banyak orang yang membudidayakan dan menjualnya di Indonesia. Anda tidak akan kesulitan untuk membelinya.

Cara Mengonsumsi Semut Jepang sebagai Obat

Bila tadi kita sudah membahas berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari semut Jepang, lantas bagaimana cara mengonsumsinya yang tepat untuk dijadikan obat?

Ada sejumlah cara mengonsumsi semut Jepang yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Memakan Semut Jepang Bersama Buah-buahan

Cara mengonsumsi semut Jepang yang pertama ialah dengan memasukkannya ke dalam buah-buahan, lalu memakannya. Sama halnya ketika Anda mengonsumsi obat dengan memasukkannya ke buah pisang, lalu mengunyahnya secara bersamaan.

Meski nampak cukup ekstrim, namun ada juga lho sebagian orang yang mengonsumsi semut Jepang dengan cara langsung memakannya. Bila Anda merasa ragu untuk melakukannya, tidak apa-apa. Cobalah untuk melakukan cara lain yang berikutnya.

2. Mengonsumsi Semut Jepang dengan Diseduh

Cara mengonsumsi untuk mendapatkan manfaat semut Jepang yang berikutnya ialah dengan menyeduhnya. Bagi sebagian orang, cara ini juga kurang disukai karena akan terasa seperti Anda minum sambil menelan beberapa serangga.

Mungkin akan lebih baik bila Anda menelannya bersama buah-buahan karena tidak akan begitu merasakan adanya serangga yang tertelan.

3. Mengonsumsi Semut Jepang Bersama Nasi atau Bubur

Kalau kedua cara di atas masih membuat Anda ‘jijik’, mungkin bisa coba cara berikutnya yaitu dengan memakan semut Jepang bersama nasi atau bubur. Kami tidak mengatakan cara ini yang paling mudah dari cara mengonsumsi semut Jepang yang lainnya.

Namun demikian, Anda bisa memilih cara di atas yang menurut Anda paling nyaman. Atau bila Anda memiliki cara mengonsumsi semut Jepang yang lainnya, itu tidak menjadi masalah. Karena cara apapun boleh digunakan, asalkan semut Jepang bisa Anda konsumsi.

Bagaimana dengan manfaat semut Jepang yang telah kami sebutkan di atas. Mungkin masih ada di antara Anda yang masih ragu untuk menjadikan semut Jepang sebagai obat. Meski belum begitu banyak penelitian medis yang dilakukan terhadap semut Jepang, tetapi sudah banyak orang yang telah membuktikan keampuhannya sebagai alternatif dalam pengobatan.

Jadi, sepertinya bukan hanya ‘isapan jempol’ belaka karena banyak orang yang telah berhasil membuktikannya. Akan tetapi bila penyakit yang Anda derita masih sanggup untuk ditangani oleh medis, maka jadikan pengobatan medis sebagai langkah utama sebelum mencoba berbagai pengobatan herbal maupun tradisional.

Pasalnya, pengobatan apapun yang dijalani sebaiknya sudah teruji secara ilmiah dan sudah dipastikan keamanan serta manfaatnya untuk tubuh. Anda tentu tidak ingin bukan bila ternyata setelah mengonsumsi obat, penyakit Anda justru semakin parah.

Pertimbangkan pula efek samping dan juga kondisi alergi yang mungkin bisa Anda alami setelah mengonsumsi obat herbal, sebab reaksi tubuh manusia bisa berbeda-beda terhadap setiap jenis obat. Jadi, cobalah untuk lebih berhati-hati ketika hendak menjadikan semut Jepang sebagai obat.

adsense-fallback