✕ Close

8 Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan dan Menurunkan Berat Badan

adsense-fallback

Manfaat teh hijau sebagai obat untuk segala penyakit ternyata sudah populer di China sejak dahulu kala. Bangsa China telah menggunakan teh hijau untuk mengobati berbagai penyakit, mulai dari menyembuhkan sakit kepala hingga mengatasi depresi.

Namun, tahukah Anda kalau ternyata teh hijau juga memiliki manfaat yang besar untuk kecantikan dan menurunkan berat badan?

adsense-fallback

Kandungan antioksidan, asam amino, vitamin B, asam folat, magnesium, dan potasium pada teh hijau ternyata juga sangat baik untuk perawatan kecantikan wajah dan kulit.

Nah, berikut ini akan kami berikan informasi lengkap mengenai manfaat teh hijau untuk kecantikan dan bisa menurunkan berat badan untuk Anda.

1. Mengecilkan Pori-pori Kulit di Wajah

Teh hijau atau green tea ternyata memiliki manfaat yang bagus untuk mengecilkan pori-pori wajah. Pori-pori wajah yang terlalu besar akan membuatnya mudah tersumbat dan terinfeksi bakteri sehingga menjadi penyebab munculnya jerawat.

Untuk mengecilkan pori-pori kulit di wajah menggunakan teh hijau, caranya yaitu sebagai berikut:

  • Rebus teh hijau sampai mendidih, lalu biarkan sampai dingin.
  • Campurkan dengan 2 sdt cosmetic clay untuk membuat clay mask dengan tekstur yang padat.
  • Balurkan pada seluruh wajah, diamkan beberapa saat sampai mengering.
  • Bilas wajah dengan air hangat.

2. Menjadikan Kulit Wajah Tampak Lebih Cerah

Manfaat teh hijau yang selanjutnya mampu membuat wajah tampak lebih cerah. Tidak hanya itu, kandungan di dalam teh hijau juga mampu menghilangkan noda hitam bekas jerawat dan menjaga elastisitas kulit.

Medical College of Georgia, Amerika Serikat telah melakukan studi pada tahun 2003, dari studi tersebut menunjukkan manfaat teh hijau yang berkhasiat untuk peremajaan kulit, menutup luka, hingga mengobati penyakit kulit.

Manfaat teh hijau untuk mencerahkan kulit bisa Anda peroleh dengan cara:

  • Siapkan 1 kantong teh hijau siap pakai.
  • Campurkan dengan air lemon dan 1 sdt madu.
  • Balurkan pada wajah, dan biarkan sekitar 10 menit.
  • Bersihkan wajah dengan air hangat.
  • Lakukan perawatan tersebut dengan rutin selama 2 minggu.

3. Sebagai Anti Aging

Teh hijau mengandung polifenol yang dapat berguna untuk melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kulit keriput, flek hitam pada wajah, hingga kulit kusam.

Cara memanfaatkan teh hijau sebagai anti aging ialah sebagai berikut:

  • Sediakan 1 sdm teh hijau
  • Campurkan dengan 3 sdm plain yoghurt dan sedikit bubuk kunyit.
  • Terapkan pada wajah hingga leher, diamkan sekitar 20 menit. Bilas dengan air hangat.

4. Mencegah Timbulnya Jerawat

Teh hijau mengandung catechins yang dapat bersifat anti bakteri, khususnya bakteri penyebab jerawat. Selain itu, catechins juga membantu kestabilan hormon di dalam tubuh sehingga kemungkinan munculnya jerawat dapat dikurangi.

Cara penggunaannya sangat mudah, antara lain:

  • Campurkan 1/4 gelas air dengan teh hijau yang baru diseduh.
  • Oleskan memakai kapas pada bagian wajah yang berjerawat.
  • Biarkan sekitar 15 menit agar meresap, lalu bersihkan.
  • Lakukan cara ini dengan rutin 2 kali sehari agar wajah terhindar dari jerawat.

5. Melindungi Kulit dari Bahaya Sinar UV

Kandungan asam tanat dan polifenol dalam teh hijau mampu melindungi kulit dari bahaya sinar UV, menenangkan kulit, dan menyembuhkan kulit yang terbakar.

Ketika mengalami kulit terbakar, Anda dapat memanfaatkan teh hijau untuk membantu pengobatan. Caranya ialah sebagai berikut:

  • Seduh 2 atau 3 kantung teh hijau.
  • Dinginkan, atau masukkan ke dalam kulkas.
  • Oleskan cairan teh hijau ke area kulit yang terbakar menggunakan handuk kecil.
  • Lakukan perawatan 2-3 kali sehari agar rasa sakit dan kemerahan dapat berkurang.

6. Mengurangi Mata Bengkak dan Lingkar Hitam di Bawah Mata

Manfaat teh hijau selanjutnya ialah dapat mengurangi mata bengkak dan lingkar hitam di bawah mata. Hal ini karena kandungan antioksidan yang terdapat pada green tea, zat tersebut membantu susutkan pembuluh darah di bawah kulit halus sekitar mata, penyebab timbulnya mata bengkak.

Untuk mengurangi mata bengkak dan lingkar hitam di bawah mata, cara penggunaannya ialah sebagai berikut:

  • Masukkan 2 kantung green tea di dalam kulkas selama 30 menit.
  • Tempelkan di bagian mata pada keadaan tertutup selama 15 menit.
  • Lakukan berulang kali hingga lingkar hitam atau mata bengkak mulai hilang.

7. Manfaat Teh Hijau sebagai Toner Wajah

Toner merupakan salah satu cara dalam merawat kesehatan dan kecantikan kulit. Anda dapat memanfaatkan teh hijau untuk dijadikan toner. Caranya seduh 2 gelas teh hijau, setelah mendidih biarkan hingga dingin.

Tambahkan beberapa tetes essential oil favorit Anda ke dalam botol spray berisi ramuan teh hijau tadi. Toner dari bahan teh hijau siap untuk digunakan.

Baca juga artikel lainnya:

8. Manfaat Teh Hijau untuk Menurunkan Berat Badan

Teh hijau sangat baik dikonsumsi untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat. Hal ini karena teh hijau mengandung antioksidan yang tinggi sehingga mampu mendukung metabolisme tubuh dengan lebih lancar.

Metabolisme tubuh yang lancar akan membuat proses pencernaan lebih optimal, sehingga berat badan dapat berkurang dengan hasil yang maksimal.

Tips Mengonsumsi Teh Hijau

Berikut ini adalah sejumlah tips mengonsumsi teh hijau untuk menurunkan berat badan:

1. Konsumsi Teh Hijau Tanpa Gula

Pilihlah teh hijau bubuk atau celup tanpa gula tambahan. Ketika meminum teh hijau, sebaiknya tidak perlu ditambahkan gula atau pemanis karena hanya akan menambah kalori yang masuk ke dalam tubuh, sehingga Anda akan sulit untuk menurunkan berat badan secara optimal.

2. Minum Teh Hijau Saat Suhu Masih Hangat

Suhu minuman yang kita konsumsi akan berpengaruh pada metabolisme tubuh. Minum teh hijau dalam keadaan dingin memang terasa menyegarkan, tapi suhu dingin justru akan memperlambat metabolisme tubuh.

Oleh karena itu, bila ingin program diet Anda berlangsung optimal, minumlah teh hijau saat kondisi suhunya masih hangat. Terlalu banyak minum es atau air dingin juga akan memperlambat metabolisme tubuh, jadi bila ingin diet Anda cepat berhasil, hindari minuman-minuman dingin yah!

3. Teh Hijau Baik Dikonsumsi Saat Pagi dan Malam Hari

Program penurunan berat badan Anda juga akan berjalan optimal apabila mengonsumsi teh hijau pada waktu yang tepat. Teh hijau baik dikonsumsi pada waktu pagi sebelum beraktivitas ataupun malam menjelang tidur.

Teh hijau yang Anda konsumsi di waktu pagi atau setelah bangun tidur akan mempersiapkan tubuh untuk bermetabolisme secara optimal sepanjang hari. Begitu pula teh hijau yang dikonsumsi menjelang tidur, tubuh akan lebih maksimal dalam proses metabolisme ketika tidur.

4. Minum Teh Hijau dalam Porsi yang Pas

Pastikan Anda tidak berlebihan dalam mengonsumsi teh hijau meskipun manfaatnya sangat baik untuk menurunkan berat badan.

Porsi yang dianjurkan dalam mengonsumsi teh hijau ialah 2-3 gelas dalam sehari. Porsi tersebut akan membuat manfaat antioksidan di dalam teh hijau dapat diserap oleh tubuh secara maksimal. Selain itu, meminum teh hijau dalam porsi yang cukup juga tidak menyebabkan gangguan kesehatan.

***

Sekian informasi dari kami mengenai manfaat teh hijau untuk kecantikan dan menurunkan berat badan. Anda bisa mencobanya sendiri di rumah, dan merasakan khasiat teh hijau yang luar biasa.

adsense-fallback