✕ Close

6 Tempat Wisata Alam Riau yang Wajib Kamu Kunjungi

adsense-fallback

Riau adalah salah satu provinsi Indonesia yang letaknya di tengah-tengah pulau Sumatera. Persisnya, letak provinsi in ditengah pantai timur Pulau Sumatera, sepanjang pesisi Selat Malaka. Riau terkenal sebagai daerah perkebunan, tapi taukah Anda kalau disana ada banyak sekali destinasi wisata alam yang indah yang wajib Anda kunjungi kalau memang seorang traveler sejati. Kalau belum tahu ayo baca dulu artikel ini sampai habis, karena kami bakalan membahas tentang 6 objek wisata alam di Riau.

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata alam di Riau yang bisa Anda kunjungi. Oh, iya cuma mau ngingatin kalau ke tempat wisata alam jangan lupa menjaga kebersihan ditempat wisata yang Anda datangin ya.

1. Air Terjun Guruh Gemurai

adsense-fallback

Air Terjun Guruh Gemurai adalah kekayaan alam yang dimiliki oleh Provinsi Riau, dan masih terjaga baik sampai saat ini. Nama tempat ini berasal dari bahasa daerah setempat, Guruh artinya suara air terjun yang terdengar bergemuruh, sedangkan gemurai artinya suara gemericik air. Dari situlah warga setempat memberi nama tempat ini Air Terjun Guruh Gemurai.

Tempat air terjun yang ketinggiannya mencapai 20 meter ini ada di Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Senggigi. Berada di sekitar daerah Lubuk Jambi. Kira-kira 25 Kilometer sebelah Barat Daya dari Taluk Kuantan.

2. Sungai Kampar

Di Riau Sungai Kampar dikenal sebagai sungai ajaib. Sungai ini memiliki ombak setinggi 6 meter memanjang sampai ratusan meter, yang bernama Gelombang Bono. Sebenarnya, gelombang Bono terjadi karena peristiwa alam akibat bertemunya arus pasang air laut dengan muara sungai yang lebar. Gelombang Bono memanjang sekitar 300 meter, dengan bentuk ombak setinggi 6 meter dan kecepatannya 40 km/ jam. Tempat ini juga sering dijadikan sebagai tempat berselancar oleh peselancar profesional di dunia untuk menikmati olaharaga air yang menantang ini. Masyarakat sekitar objek wisata ini juga menyebut Gelombang Bono dengan sebutan ombak hantu.

3. Air Terjun Aek Martua

Air Terjun Aek Martua punya keunikan dan keistimewaan sendiri karena memiliki beberapa tingkatan, sehingga masyarakat juga sering menyebut air terjun ini sebagai Air Terjun Tangga Seribu. Letak air terjun ini ada di Desa Tangun, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Rokan Hulu.

Nama Aek Martua diambil dari bahasa Suku Mandailing, artinya Air Bertuah. Ada tiga air terjun yang indah dan menawan dengan jarak beberapa puluh meter di kawasan ini. Ketinggiannya bervariasi dari 15 meter sampai yang tertinggi 35 meter. Air terjun tingkat pertama punya hamparan batu yang luas sehingga kita bisa bermain air dengan leluasa, sedangkan ditingkat duanya ada sebuah kolam yang bisa digunakan untuk mandi. Lalu, ada air terjun tingkat ketiga, ini kayaknya cuma bisa bagi mereka yang punya keahlian panjat tebing deh, karena tinggi.

4. Air Terjun Batang Koban

Air Terjun Batang Koban memiliki tujuh tingkatan. Lokasi ini diberi nama seperti itu karena jatuhnya air melalui tebing yang bertingkat tujuh dan mengalir ke aliran Sungai Kuantan. Ketinggiannya bervariasi pada masing-masing tingkatan. Biasanya air terjun ini dipadati oleh masyarakat saat acara mandi Balimau yang digelar satu hari sebelum bulan Ramadhan.

5. Danau Buatan PLTA Koto Panjang

Danau Buatan PLTA Koto Panjang dibangun atas kerjasama Indonesia dan Jepang pada tahun 1993. 9 Desa ditenggelamkan untuk membangun danau buatan ini, warga direlokasi ke tempat sekitar. Dulu, jalan menuju Sumatera Barat harus melalui kawasan ini. Sekarang sebagian besa badan jalannya sudah tenggelam dan jadi kenangan. Jarak tempuh ke Danau Buatan PLTA Koto Panjang ini lumayan jauh dan memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan dari Pekanbaru.

Uniknya, di daerah ini terdapat onggokan kayu atau pohon yang sudah mati, berdiri menjulang tinggi dan tidak jarang berkumpul rapat di beberapa bagian, hal ini sering menimbulkan kesan mistis dikala senja datang. Kumpulan kayu seperti ini akan makin banyak ditemui hampir disepanjang Danau.

6. Konservasi Gajah di Siak

Di Pekanbaru ada juga Pusat Pelatihan Gajah lho! tempatnya di Kecamatan Minas Kabupaten Siak. Tempat ini bisa jadi tempat liburan yang asik bersama keluarga. Kurang lebih ada 22 ekor Gajah disini.

Itu dia beberapa tempat wisata yang bisa Anda kunjungi kalau datang ke Riau. Kalau oleh-oleh dari Provinsi Riau apa aja? nantilah kita bahas di artikel yang lain ya.

adsense-fallback